Upacara Pembukaan Porprov Amburadul, Wagub Sudikerta Kecewa

DENPASAR, Momen pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali ke-XIII Gianyar 2017 seharusnya menjadi ajang bergengsi yang bisa ditunjukan kepada masyarakat Bali, akan tetapi sebaliknya panitia sepenuhnya tidak siap menata acara pembukan Porprov. Hal itu terlihat jelas pada penyusunan acara yang terkesan amburadul yang membuat kecewa semua pihak, khususnya para petinggi dan juga masyarakat yang ikut menyaksikan acara pembukaan Porprov di GOR Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (17/9).

Melihat kondisi tersebut, Ketua Umum KONI Bali, Ir. I Ketut Suwandi mengatakan ini bagian dari pelajaran yang sangat berharga agar kedepan tidak terjadi lagi hal seperti ini. “Karena ini bagi saya sangatlah mengecewakan, apalagi membawa nama institusi olahraga yang seharunya bisa menjadi cerminan bagi para atlet sebagai generasi muda,”ucapnya.

Sementara disisi lain, Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Drs. Ketut Sudikerta yang mewakili Gubernur Bali, Made Mangku Pastika merasa sangat kecewa dengan kejadian ini. Saking kecewanya, Sudikerta bahkan sempat meninggalkan acara tersebut tetapi setelah dibujuk akhirnya masuk kembali untuk membuka Porprov secara resmi. Usai mengucapkan itu Sudikerta seharusnya membacakan pidato Gubernur Bali Made Mangku Pastika, akan tetapi, lagi-lagi Pembawa Acara lupa kalau saatnya dibacakan kata sambutan tersebut. Kedongkolan Sudikerta mencapai puncaknya sehingga tanpa sepatah-katapun langsung bergegas meninggalkan acara ini. Anehnya lagi, sejatinya, usai membuka Porprov seharusnya Sudikerta langsung diberi kesempatan untuk berpidato, malahan pembawa acara memberikan kesempatan kepada penyanyi Mulan Jameela untuk naik ke panggung.

Terkait amburadulnya pembukaan Porprov Bali ke-XIII Gianyar 2017 ini menurut Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Pande Made Purwata mengatakan sebetulnya acara tersebut sepenuhnya sudah diseting dan dipaketkan dengan sendratari kolosal serta penyalaan api obor tanda dibukanya Porprov. “Namun entah kenapa pembawa acara tidak mengumumkan mata acara pembukaan Porprov, sehingga membuat acara tidak terstruktur atau tertata dengan baik dan apik,”terangnya.

Ditambahkannya, “kalau ada yang menyebut bahwa ada unsur politik pada pembukaan Porprov ini, maka hal itu tidaklah benar. Karena ini murni olahraga dan jangan dicampur-adukan dengan isu politik. Jika ada yang berpikir seperti itu berarti penilaian itu salah besar,”sergahnya.Dikatakan, “Daerah Gianyar merupakan pusatnya seni karenanya Bupati Gianyar Anak Agung Bharata mewanti-wanti agar acara pembukaan Porprov hendaknya mengedepankan unsur seni,”kilahnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*