Wagub Sudikerta Meminta Pemerintah Pusat Percepat Pembangunan Bali Utara,Barat dan Timur

Benoa-Denpasar,Berita Fajar Timur.com
Wakil Gubernur Bali(Wagub) Drs.I Ketut Sudikerta meminta Pemerintah Pusat mempercepat pembangunan di Bali Utara,Bali Barat dan Bali Timur. Daerah-daerah yang dimaksud Sudikerta adalah Kabupaten Buleleng , Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Karangasem.Akselerasi pembangunan di ketiga daerah tersebut dikatakan untuk mempersempit jarak ketimpangan pembangunan yang selama ini lebih mengarah ke Bali Selatan.

” Kami minta tolong kepada Pak Menteri Kemaritiman Bapak Luhut Panjaitan agar mempercepat pembangunan seperti yang kami usulkan sesuai draf telah diajukan,” terang Sudikerta dihadapan Menteri Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan dan sejumlah undangan pada saat peresmian dimulainya Sandbreaking (pengerukan pasir) Benoa Port. Dengan dimulainya pengerukan endapan pasir di dermaga ini tentunya kapal sejenis Cruise yang membawa turis manca-negara yang lebih panjang bisa berlabuh di Benoa Port.

Ditambahkan, sebagaimana dijelaskan oleh Dirut PT Pelindo III Ari Akhsara bahwa, “selama ini Cruise yang masuk ke Benoa Port hanya berpenumpang 2500 an, nantinya setelah pembangunan ini berjalan, maka akan dapat merapat Cruise yang lebih panjang yang mampu membawa penumpang sekitar 5000an,” ungkapnya.

Akan halnya pembangunan yang diminta Sudikerta tiada lain adalah pembangunan Bandara Internasional Buleleng,dimana lahan sudah disiapkan.Demikian juga investornya yang juga sudah siap.
“Tinggal pemerintah pusat yang memutuskan, sedangkan kami di provinsi sudah tidak ada urusan lagi,” tegas Sudikerta.Bahkan, jika dilihat dari prospek pembangunan bandara internasional di Buleleng, Sudikerta sudah mendapatkan gambaran keuntungannya baik dari segi finansial yang akan didapat dari bagi hasil untuk pemerintah provinsi, kabupaten, dan pemerintahan desa yang ada di, kabupaten setempat.

Begitu juga halnya dengan pembangunan terminal peti kemas di Gilimanuk untuk mempercepat laju pembangunan di Kabupaten Jembrana yang pada intinya untuk menaikkan pendapatan masyarakat di ujung barat pulau dewata ini.
Selain mega proyek yang diajukan di atas, pemerintah provinsi Bali juga mengajukan pembangunan rel kereta apa lingkar provinsi untuk mengatasi kemacetan sekaligus sebagai transportasi alternatif bagi moda angkutan umum dan pariwisata di Bali.
Demikian juga dengan pembangunan pelabuhan Amed di Karangasem yang bisa mendatangkan devisa dari kegiatan kepariwisataan lewat kedatangan kapal-kapal pesiar di Bali Timur ini.Sedangkan di pihak lain, untuk mengantisipasi masalah lain terkait pariwisata, pihaknya juga mengusulkan pembangunan stadion internasional Ngurah Rai di Denpasar.
“Dengan adanya stadion olahraga internasional maka kita bisa mengembangkan pariwisata olahraga,” terangnya.Dicontohkan,”jika saja MU main disini bisa dibayangkan membludaknya penonton yang datang menonton pertandingan itu.Bukankah ini juga ladang devisa?” pungkasnya. don

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*