Hut TNI Ke 72 : Bersama Rakyat TNI Kuat

Denpasar, Berita Fajar Timur.com
Hari Ulang Tahun(Hut) Tentara Nasional Indonesia diperingati oleh segenap komponen TNI di Wilayah Kodam IX Udayana di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala-Renon Denpasar pada Kamis(5/10). Bertindak selaku Komandan Upacara Kepala Staf Kodam IX Udayana Brigjen. TNI Stephanus Tri Mulyono yang mewakili Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen.TNI Komaruddin Simanjuntak,S.IP.,M.Sc, yang berhalangan hadir lantaran mengikuti upacara yang sama di Cilegon Jakarta.

Upacara Hut TNI ke 72 berlangsung khidmad dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Wagub I Ketut Sudikerta, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Kapolda Bali Irjen.Pol. Sugeng Priyanto dan para pejabat di legislatif dan eksekutif serta masyarakat yang memadati lapangan di pusat Kota Denpasar ini.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantio dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udy Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono mengatakan,” Sesuai thema Hut TNI ke 72 pada tahun ini yakni Bersama Rakyat TNI Kuat. Hal tersebut dimaknai bahwa TNI tidak bisa dipisahkan dengan rakyat karena terlahir dari rakyat,”terangnya.
Karena itu pada hari ulang tahun hari ini, TNI melakukan defile dan atraksi serta demonstrasi kemampuan prajurit TNI yang profesional. Kemudian demonstasi Alutsista TNI dari yang lama hingga yang terbaru. Kesemuanya ini sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban TNI kepada Presiden Republik Indonesia sebagai Panglima Tertinggi dan juga kepada seluruh lapisan rakyat Indonesia

Demontrasi prajurit dan Alutsista TNI diharapkan menjadikan masyarakat kita mendapatkan gambaran yang sesungguhnya tentang kekuatan TNI sebagai alat sistem pertahanan negara.
“Karena itu harapan saya, melalui pameran Alutsista dan unjuk kebolehan prajurit TNI, kiranya masyarkat mendapatkan gambaran sesungguhnya tentang kekuatan TNI sebagai alat pertahanan keamanan negara,”ujar Panglima TNI Gatot Nurmantio.

Diingatkan,”penyelenggaraan hari ulang tahun TNI tiada lain merupakan suatu langkah yang strategis untuk menunjukkan kepada masyarakat akan kekuatan TNI yang telah, sedang dan akan dilakukan,”ujarnya. Dikatakan, TNI tidak boleh pudar bersama arus globalisasi dan terus bergerak dinamis karena bersama rakyat TNI terus kokoh. Kedekatan TNI bersama rakyat merupakan bentuk pertahanan semesta.
Selama ini TNI telah menjalanlan berbagai tugas negara seperti penanggulangan bencana alam, kebakaran hutan, operasi penumpasan teroris seperti operasi Tinombala.

Sebagai alat pertahanan negara, TNI telah melaksanakan pembangunan pulau terluar dari negara kita untuk menjaga kedaulatan teritorial negara kita seperti Pulau Natuna, Pulau Biak dan Kabupaten Merauke dan lainnya.

Demi kesejahteraan para prajurit TNI, pemerintah telah melakukan renumerasi dan penyediaan perumahan berupa rumah susun. //don

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*