Nusa Dua Fiesta Digelar, Gubernur Mangku Pastika Ingatkan : Kunjungan Wisatawan Turun Hingga 30 Persen

Badung, Berita Fajar Timur.com
Nusa Dua Fiesta kembali digelar hari ini Rabu (11/10) dibuka oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya yang didampingi Wakil Gubernur Bali Drs. I Ketut Sudikerta, Dirut ITDC Abdulbar M.Mansoer.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya yang dibacakan Wagub Bali I Ketut Sudikerta pada acara pembukaan mengatakan sangat apresiatif terhadap penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta yang diselenggarakan ITDC bekerjasama dengan Bank Mandiri selaku sponsor utama even tahunan ini.
Penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta rutin dselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1997.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan,”peran pemerintah harus tetap bersinergitas dengan pihak swasta dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia, khususnya Bali. Karena itu model promosi pariwisata semacam Nusa Dua Fiesta harus tetap dilakukan agar para wisatawan makin berminat datang ke Bali.
“Oleh karena itu, penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta harus selalu berinovasi dari tahun ke tahun sehingga tidak monoton dan membuat jenuh wisatawan yang datang menyaksikan. Malam ini saya menyaksikan acara pembukaan Nusa Dua Fiesta lebih baik dibanding tahun sebelumnya dengan adanya kolaborasi yang tradisional dan teknologi. Ini menandakan keseriusan pihak penyelenggara dalam promosi kepariwisataan melalui momen Nusa Dua Fiesta ini,”puji Made Mangku Pastika

Pihaknyapun mengungkapkan kekhawatiran merosotnya tingkat kunjungan wisatawan yang datang ke Bali di akhir tahun ini berkaitan dengan isu sentral erupsi Gunung Agung yang menjadikan begitu banyak pembatalan kunjungan wisatawan mancanegara akibat isu tersebut. Kata dia,” data terakhir kunjungan wisatawan mengalami penurunan hingga 30 persen. Ini sangat berbahaya bagi Bali yang mengandalkan pariwisata sebagai penghasil devisa bagi daerah kita ini,” ungkapnya.

Dia menegaskan,” Bali harus tetap jalan karena pariwisata adalah sumber kehidupan kita. Karena itu harus dicarikan alternatif lain untuk mengembangkan pariwisata demi melawan kompetisi dengan daerah-daerah lain yang juga tidak kalah menarik dan kompetitifnya dengan Bali. Daerah-daerah seperti Lombok di NTB, Labuan Bajo di NTT, bahkan tetangga terdekat kita yakni Banyuwangi sekarang ini geliat pariwisatanya sudah semakin dikenal luas. Karena itu, saya mengajak ITDC agar secepatnya mengembangkan kepariwisataan di Bali Utara, Barat dan Timur. ITDC jangan hanya mengambil dollar dari Bali tetapi investasikan dollar tersebut untuk memajukan kepariwisataan Bali melalui pembukaan resort-resort baru,”harapnya.

Dilain pihak, Dirut ITDC Abdulbar M.Mansur dalam laporannya selaku ketua panitia NDF mengatakan,” Nusa Dua Fiesta kali ini merupakan penyelenggaraan yang ke-20 sejak digelar pertama kalinya pada tahun 1997. Even ini berkat kolaborasi antara ITDC dengan Bank Mandiri,”terangnya.

Nusa Dua Fiesta berlangsung dari 11-15 Oktober 2017. Banyak acara menarik yang akan dipagelarkan di NDF diantaranya parade Band-band papan atas di nusantara seperti Ken Balawan, Johny Agung, Andra and Backbond. Ada fashion show, ekshibisi,pentas seni lokal dan budaya nusantara serta body painting,dll. Hebatnya di NDF, hampir semua pembayaran/transaksi dilakukan dengan e-money. //don

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*