Peluang Gus Ipul – Azwar Anas Menang Di Pilkada Jatim 2018 Cukup Besar

Surabaya, Berita Fajar Timur.com
Peta persaingan menuju kursi panas Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018 mendatang dan Golkar bakal seru. Menurut pengamat politik dan peneliti Komite Pemilih Indonesia (TePi) Jerry Massie, peluang Saifullah Yusuf atau Gus Ipul – Azwar Anas untuk menang dalam Pilkada tersebut lebih besar ketimbang rival utamanya Khofifah Indar Parawangsa.

Seperti diketahui ujar Massie, Jatim merupakan salah satu daerah dengan jumlah pemilih terbanyak kedua di Indonesia 30,9 juta di bawah Jabar 32,8 juta.

Sementara, PDIP mengoleksi 19 wakilnya di DPRD serta 20 kursi PKB. Paling tidak, koalisi dua partai penguasa di Jatim ini bakal menjadi ancaman serius bagi kandidat lainnya.

“Jadi keduanya jika digabungkan menjadi 39 suara. Untuk Jatim, 20 suara di DPRD bisa mengajukan calon Gubernur. Sangat berat buat Khofifah yang sudah tiga kali kalah,” ujar dia.

Akan tetapi ucap Massie, Khofifah masih kuat. Pasalnya, dia sudah punya pengalaman dengan tiga kali ikut pilkada. Saingan lainnya, bakal datang dari La Nyala Mataliti. Mantan Ketua PSSI ini bisa menjadi ancaman buat Gus Ipul.

“Barangkali secara popularitas Gus Ipul masih unggul, tapi untuk elektabilitas bagi saya peluang 50-50. Begitupun tingkat akseptabilitas atau kepantasan/kecocokan. Namun, para kyai bakal mendukung Khofifah. Otomatis kekuatan PDIP-PKB bakal berkurang.

Lanjut katanya, dengan jabatan Wakil Gubernur, Gus Ipul tentu diuntungkan. Memang Demokrat siap-siap takluk. Kendati Gubernur Jatim Soekarwo adalah kader Demokrat.

Sejauh ini dia menilai PAN dan Gerindra belum punya calon tetap masih melihat Oppurtinity and Chance.

“Bisa jadi kedua partai ini akan afiliasi dengan mendukung Khofifah atau mereka menyiapkan calon altenatif. Bisa jadi Hanura dan PPP merapat ke Gus Ipul,” kata peneliti politik di AS dan Jerman ini. ***

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*