Dies Natalis IHDN Denpasar Ke XIII : Menjadikan IHDN Terdepan Dalam Dharma Widya Dan Budaya

 

Denpasar, Berita Fajar Timur.com
Rektor Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Prof.Dr.Drs.I Gusti Ngurah Sudiana,M.Si, dalam laporan tertulis pada Dies Natalis ke XIII tanggal 8 November 2017,Rabu (8/11) di Kampus Jl.Ratna Denpasar menyebutkan bahwa,,” sesuai Visinya, IHDN akan dijadikan sebagai yang terdepan dalam Dharma Widya dan Budaya (the best in religion science and culture). Hal tersebut diimplementasikan melalui Misinya yakni : Mewujudkan Sarjana yang Sujana. Berdasarkan point tersebut IHDN sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Hindu Negeri yang berada di Provinsi Bali dan bernaung di bawah Kementerian Agama RI, mengemban tugas memberikan dan melaksanakan pembelajaran, pemahamanan keilmuan di bidang ajaran Agama Hindu, serta pula keilmuan lain sesuai rencana induk pengembangan (RIP) Institut yang sangat dibanggakan umat Hindu,”ungkapnya.

 

IHDN Denpasar berdiri berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 1 Tahun 2004 tanggal 8 November 2004. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri Agama RI Muhamad M. Basyuni (almarhum) di kampus Bangli.
“Keberadaan IHDN Denpasar sejak diresmikan sampai sekarang mendapatkan perhatian dan respon yang sangat positif dari Pemerintah dan masyarakat,”ujarnya

 

Dengan kondisi respon posistif baik dari pemerintah maupun masyarakat sebagaimana dikatakan Rektor IHDN Denpasar, namun pihaknya tidak berhenti untuk terus berbenah diri dengan menata tata kelola pendidikan tinggi yang mengacu pada UU Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, serta peraturan pemerintah nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.

 

“Amanat dari Undang-Undang tersebut tiada lain untuk menghasilkan generasi muda Hindu yang berkarakter dan berakhlak mulia dan dengan konsep Agama Hindu. Karenanya, kami sebagai pengelola Lembaga Pendidikan Tinggi Hindu senantiasa berupaya membimbing putra/putri bangsa menjadi generasi emas dimasa mendatang,”tegasnya.

 

Sejak diresmikan hingga sekarang IHDN Denpasar memiliki 3(tiga) Fakultas untuk gelar strata 1 (S-1) seperti :
1.Fakultas Dharma Acarya memiliki 5 jurusan.
2.Fakultas Brahma Widya memiliki 3 jurusan, dan
3.Fakultas Dharma Duta memiliki 3 jurusan.

 

IHDN Denpasar juga telah membuka program Pascasarjana (S-2) dan (S-3).
Khusus untuk program Pascasarjana (S-2), IHDN Denpasar membuka beberapa program studi (Prodi) seperti :
1.Prodi Brahma Widya dengan gelar akademik Magister Agama (M.Ag)
2.Prodi Dharma Acarya dengan gelar akademik Magister Pendidikan (M.Pd)
3.Prodi Magister Sastra Agama dengan gelar akademik Magister Pendidikan (M.Pd)
4.Prodi Ilmu Komunikasi Hindu dengan gelar akademik Magister Ilmu Komunikasi (M.Ikom), dan
5.Program Doktor (S-3) Ilmu Agama dengan gelar akademik Doktor (Dr).

 

“Semua program studi tersebut diatas telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT).
Karena itu, sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 dan Perpres RI Nomor 8 tahun 2012 sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), maka setiap lulusan mendapatkan surat keterangan pendamping ijasah (SKPI) yang menyatakan kompetensi tambahan setiap lulusan setiap program studi yang diikuti,”terangnya. //don

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*