Rektor IKIP PGRI Bali Dr.I Made Suarta, SH, M.Hum : Penelitian Kita Sulit Tembus Ke Internasional

 

Denpasar, Berita Fajar Timur.com
IKIP PGRI Bali menyelenggarakan Seminar Internasional yang diikuti mahasiswa smester VII pada Sabtu (25/11). Selain mahasiswa para Dosen di lingkup IKIP PGRI Bali juga mengambil bagian dalam seminar yang menghadirkan keynote speaker Prof.Dr.Basanta Kumar, M.Com. PhD, Prof. Dr. Silvia Catalan Ambag dan Ith Yuty, MBA.

Terkait hal tersebut, Rektor IKIP PGRI Bali Dr.I Made Suarta, SH, M.Hum, disela-sela acara seminar mengatakan,”
Kehadiran narasumber internasional ini diharapkan memberikan nilai tambah dalam mentransformasi keilmuan yang mereka miliki kepada para peserta baik mahasiswa maupun dosen,”ungkapnya.

Dikatakan,”kelemahan kita kan penelitian dosen tidak bisa tembus ke internasional sehingga diharapkan dengan mengikuti seminar internasional seperti ini mereka terpacu untuk membuat karya penelitian yang lebih baik,”harapnya.

Kelemahan yang mendasar adalah kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris adalah faktor penyebab karya tulis tidak bisa tembus ke level internasional di kalangan mahasiswa dan dosen. Untuk meretas kendala penguasaan bahasa inggris, pihaknya berupaya menghadirkan penerjemah bagi narasumber.

Sementara itu menjawab soal masalah klasik yang dihadapi dunia pendidikan di tanah air ke depan adalah kekurangan tenaga guru dan masalah kesejahteraan.
“Pemerintah hendaknya mengangkat tenaga pendidik yang baru untuk menanggulangi kekurangan tenaga guru di Bali sekarang ini. Jangan lagi ada penundaan yang akan berakibat kurang baik bagi dunia pendidikan kita,”tegasnya. Suarta mengingatkan Pemerintah agar sementara waktu bisa dicarikan solusi melalui pengangkatan guru honorer yang sudah siap secara mental dan psikologis sebagai tenaga pendidik. Di lain pihak kesejahteraan para pendidik yang tergabung dalam organisasi profesi guru yakni PGRI agar makin ditingkatkan. //don

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*