STIMIK Primakara Dan Barekraf Jalin Kerjasama : Era Modern Perlu Pengbangan GED

 

DENPASAR, Berita Fajar Timur.com
Ketua Yayasan STMIK Primakara Made Artana mengatakan terkait bisnis startup atau usaha rintisan berpeluang memenangi persaingan usaha di masa depan. Geliat Ekonomi Digital (GED) ini mulai terlihat di era generasi milenium atau generasi modern sekarang ini.

“Generasi modern mendominasi populasi penduduk Indonesia. Made Artana menyebutkan, era milenium ini cenderung berkeinginan masyarakatnya bisa dibuat hidup mandiri secara usaha dan tidak tergantung dengan ketersediaan lapangan pekerjaan,”ujarnya, Rabu (29/11) di Warung Bendega Denpasar.

Dikatakan, mereka menciptakan lapangan pekerjaan baru dan akan membangkitkan ekonomi kreatif di era ekonomi digital yang ditandai dengan tumbuhnya bisnis startup. Made Artana yang juga Direktur Kampus IT Alfa Prima ini mengungkapkan sejumlah startup saat ini tengah berkembang pesat di Bali. Khususnya aplikasi game maupun aplikasi program menjadi bisnis baru yang digeluti para wirausahawan muda pelaku GED.

Made Artana menjelaskan, Yayasan STMIK Primakara memberikan ruang penuh terhadap kreatifitas digital. Pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, membangun usaha rintisan. “Pola yang diterapkan dalam membangun bisnis masa depan itu yakni, pre startup atau memberikan wawasan sebanyak-banyaknya kepada mahasiswa untuk memulai membangun startup,”jelasnya.

Ditambahkan, proses inkubasi selama setahun dilakukan untuk menjaga bisnis digital itu agar tidak mati.“Ketika startup bisa hidup akan dilakukan pengembangan. Pemerintah bisa mengenalkan ke akses modal, investor atau mengembangkan ke akses pasar. Karena dengan GED ini akan memudahkan komunikasi lanjutan melalui situs digital,”tambahnya.

Dilain pihak, antara Pemkot Denpasar dalam hal ini Badan Ekonomi Kreatif (Barekraf) telah menanda-tangani nota kesepahaman/MoU di tempat yang sama. Jalinan kemitraan ini dinilai sangat tepat oleh Kepala Barekraf Kota Denpasar I Gusti Anindia karena, kata dia usia rata-rata manusia yang kreatif dan berdaya serta inovasi tinggi berada di level usia antara 20-27 tahun. “Artinya usia ini cocok dengan mahasiswa di kampus,”jelasnya. Apalagi STIMIK Primakara memiliki inkubator bisnis. //don

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*