Ibunda Dari Bupati Badung Giri Prasta Diaben Dihadiri Ribuan Pelayat

 

Mangupura, Berita Fajar Timur.com
Puncak Upacara Pengabenan, Ibunda Giri Prasta, Bupati Badung, berlangsung dengan lancar, diiringi warga Desa Adat Plaga dan masyarakat lainnya yang sejak pagi sudah menunggu di rumah duka.

Prosesi dimulai pukul 10.00 wita pada Rabu, (13/12). Walaupun saat itu hujan turun dengan derasnya, tetapi tidak menyurutka kekompakkan masyarakat adat Pelaga untuk mengiring Jenazah(layon) ke Setra(Kuburan) yang letaknya sekitar 300 meter ke arah Barat dari rumah duka.

Upacara mepegat berlangsung di halaman rumah duka yang diikuti oleh seluruh keluarga besar, dengan disaksikan juga oleh pengunjung yang ikut melayat.

Pada pukul 12,10 wita, layon diturunkan dari atas Balai Adar oleh krama Banjar Desa Adat Pelaga. Kemudian layon di bawa untuk di tempatkan di sebuah bale, yang di lengkapi dengan lembu hitam, kemudia diiringi masyarakat ke Setra.

Sesampainya di Setra kemudian layon di turunkan dari Bade dan di temp[atkan dalam Lembu Hitam. Selesai Proswesi pengabenan di lanjutkan dengan, upacara Ngayut yang di laksanakan di Tukad Campuan yang terletak di Desa Pelaga.

Turut menyaksikan upacara pengabenan, mantan Buopati Badung, yang juga Pelnglingsir Puri Ageng, Mengi, A.A. Gede Agung, SH, Ketua DPRD Badung, Dr. Putu Parwata, dan wakil Ketua DPC PDIP Badung. Sementara itu Kabag Humas Setda Badung, Drs. Putu Thomas Yuniarta, usai upacara pengabenan, di lanjutkan dengan upacara pengelemek dan ngeroras pada tanggal 16 Desember 2017 mendatang.
Setelah itu, dilanjutkan pula upacara Atma Wedana yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2017 mendatang. Begitu pula dengan upacara ngangget don bingin, dilaksanakan tanggal 24 Desember 2017.

Selain itu upacara murwa daksina dan merelina sekah dilakukan pada tanggal 25Desember 2017 dan upacara nyegara gunung pada tanggal 26 Desember 2017, demikian Kabag Humas Setda Badung.(daviid//don)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*