Tak Maksimal, Pertemuan FKUB Di Puri Denbencingah Klungkung

Klungkung, Berita Fajar Timur.com-Pertemuan FKUB yg digagas Ketua FKUB Bali Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet dan dihadiri utusan Presiden Jokowi, Prof. Dr. Din Syamsuddin di Puri Denbencingah, Desa Akah, Klungkung, Jumat, 22 Des 2017 dinilai tak maksimal dan dianggap telah membuang kesempatan baik untuk kepentingan bersama yaitu kerukunan berbangsa yg dirasa mulai berkurang. Hampir tak ada poin strategis yang disampaikan dari pertemuan tersabut khususnya Bali paska kedatangan UAS ke Bali beberapa waktu lalu yang memunculkan tuduhan miring terhadap masyarakat Bali walau kedatangan utusan Presiden tak khusus untuk itu.

Hal itu dikemukakan oleh salah satu Pembina Paiketan Krama Bali Ida Rsi Acharya Waisnawa Agni Budha Wisesanatha didampingi Sekum Paiketan Krama Bali Jero Mangku Wayan Suteja seusai menghadiri pertemuan selama sekitar 5 jam yang melibatkan ratusan tokoh dari berbagai elemen masyarakat lintas agama itu.

Salah satu penglingsir Paiketan Krama Bali ini sangat menyayangkan, pertemuan penting itu mestinya dimanfaatkan dg lebih baik sehingga bisa memberikan masukan-masukan riil kepada Presiden dan paling tidak kepada tokoh utusan itu sendiri yang peduli terhadap kerukunan umat.
Tak terdengar sedikit pun ada ekspresi kalau Bali sedang merasa terancam sehingga hidup mulai terasa tak nyaman” tulis Ida Rsi W. Menurutnya, dalam pertemuan itu sama sekali tak tergambarkan bagaimana meresahkannya gerakan kaum radikal yg sedemikian terbukanya telah terjadi secara nasional.
“Ini semestinya perlu dikemukakan di depan Prof. Din Samyuddin selaku utusan Presiden sekali lagi sebagai tokoh yang diutus Presiden Jokowi sehinggs negara dalam hal ini benar-benar dapat hadir lbh antisipatif, lebih lugas, lebih dialogis dan lebih gamblang. Hindari ewuh pakewuh sepanjang masih dalam koridor mengamankan spirit dan etos Pancasila dan disampaikan secara sopan beretika.

Yang melegakan dan cukup memberikan platform kejiwaan dan sikap serta pengingatan di dalam menjaga kerukunan hidup berdampingan; adalah pernyataan-pernyataan Ida Penglingsir Putra Sukahet yang telah lugas dan tegas mengingatkan semua pihak, salah satunya untuk tidak ” lompat pagar” istilahnya terhadap etika untuk tidak usil membicarakan agama orang lain apalagi merendahkannya.

Banyak poin-poin spirit nasionalisme serta realistik yang disampaikan utusan Presiden pada kesempatan itu yg memperoleh sambutan sangat baik para hadirin. Putra Sukahet bahkan menyebut Din Samsuddin sebagai tokoh besar Kerukunan Umat Beragama.

Lebih lanjut banyak pendapat yang menyampaikan; seharusnya tokoh-tokoh Bali memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan situasi riil di Bali, keresahan masyarakat Bali krn ulah beberapa kelompok yg getol mengkonversi dan sikap-sikap masyarakat lainnya yg bersikap mengarah ke radikalisme.

Sekum Paiketan Jero Mangku Suteja memberi catatan kritis terhadap pertemuan FKUB, Jumat kemarin. Setidaknya ada 3 hal prinsip yang mesti dimunculkan oleh para tokoh lintas agama kemarin.
1. Gerakan kaum missionaris agama hendaknya tidak mengganggu orang yg telah beragama karena ini akan menimbulkan konflik SARA.
2. Pembangunan rumah ibadah di Bali semestinya tetap mempertimbangkan faktor sosio-psikologis krama Hindu Bali sehingga tidak mengganggu keharmonisan antar umat beragama yg tlh terjalin di Bali.
3. Bali sebagai daerah pariwisata budaya Bali yang bernafaskan Agama Hindu dg local wisdom-nya mestinya tetap dipertahankan sehingga tidak ada alasan untuk menambahkan identitas lain di Bali seperti wisata syariah, wisata halal dan wacana pendirian Islamic Centre di Bali.

Jika dikaitkan dengan pernyataan Din Syamsuddin bahwa agama mayoritas harus melindungi agama minoritas dan agama minoritas menghormati agama mayoritas, maka kehidupan yang diwarnai keharmonisan antar umat beragam tlh terjalin di Bali sejak berabad-abad. Hal itulah yang semestinya terjadi terhadap umat Hindu dan agama lain di seluruh Indonesia.

Mangku Suteja amat menyayangkan, justru hal-hal penting itu tidak muncul di dalam pertemuan kemarin. Padahal tujuan kedatangan Din Syamsuddin ke pertemuan FKUB selain menggali kembali poin-poin pengikat antar umat beragama juga menyoroti kelompok radikal dari agama tertentu yang kerap mencederai keharmonisan antar umat beragama dan mengganggu keamanan dan ketertiban negara.
Saran Din Syamsuddin, jika terjadi aksi oleh kaum radikal hendaknya dikembalikan kpd para tokoh atau tetuanya untuk membina.
“Kekerasan jangan dilawan dengan kekerasan. Kekerasan yang menggunakan issu agama sebaiknya diselesaikan secara musyawarah mufakat dan kekeluargaan. Jika tidak selesai, sebaiknya dibawa ke jalur hukum” paparnya (tim//don)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*