Rumah Jabatan Bupati Badung Dipelaspas, Giri Prasta Siap Terima Masyarakat Disini

Badung– Mangupura, Berita Fajar Timur.com
Rumah Jabatan (RJ) Bupati dan Wakil Bupati Badung yang baru berlokasi di lingkungan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, hari ini Selasa (16/1) sudah diresmikan dengan agenda Upacara Adat Bali dan Agama Hindu seperti : melapas, pecaruan dan penguripan serta sembanghyang bersama sebagai tanda rumah jabatan tersebut, sudah dapat digunakan sesuai peruntukkannya. Dengan dipelaspasnya RJ Bupati Badung ini, maka semua aktifitas yang berkaitan dengan keseharian pejabat Bupati Badung, kecuali masuk kantor dapat dilaksanakan disini mulai dari kegiatan keluarga, menerima tamu dll.

Hal ini disampaikan Kabag Humas Pemkab Badung, Putu Ngurah Thomas Yuniarta saat ditemui disela-sela acara peresmian RJ, sembari mengatakan, “secara adat Bali ketika sudah dipelaspas RJ sudah langsung bisa ditempati, sementara rumah jabatan yang lama, rencananya akan diperuntukan untuk rumah jabatan Sekretaris Daerah (Sekda).”

Sementara, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, dalam wejangannya dihadapan seluruh undangan yang hadir menyaksikan peresmian RJ baru tersebut, mengatakan, rumah jabatan ini bukan rumah pribadi Giri Prasta, tapi milik Kabupaten Badung. Jadi siapapun nantinya yang jadi Bupati otomatis menempati RJ ini. Selama saya menjadi Bupati, rumah ini diharapkan bisa dimafaatkan oleh masyarakat Badung, bahkan dapat juga dimanfaatkan oleh masyarakat Bali.

“Jadi siapapun yang menjadi Murdaning Jagat Badung (Pemimpin Badung) kedepan sudah memiliki fasilitas rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang representatif,”kata Giri Prasta.

Ditambahkan, sampai tahun ini, pembangunan insfrastrutur di Badung, mulai dari Badung Selatan sampai dengan Badung Utara sudah lengkap, termasuk pembangunan di bidang IT. “Kita juga harapkan pertengahan tahun ini, dari Badung Utara-Selatan sudah menggunakan Wifi,”ujarnya.

Kata Giri Prasta, rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Badung bukan miliknya, tetapi rumah jabatan ini adalah milik krama Badung dan krama Bali, makanya dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti ruang privasi, lobi, midle room, ruang pertemuan, toilet, dan ruang umum terbuka (public area). Bahkan kata Bupati, tata bagunan yang ada di lingkungan Pemkab Badung ini sekarang sudah lengkap  sesuai dengan konsepTri Hita Karana dengan membagi menjadi tiga tempat yaitu Utamaning Mandala, Madyaning Mandala dan Mandala.

“Kami persilahkan bagi krama Badung ataupun krama Bail kalau ada kepentingan untuk mengunakan fasilitas yang ada untuk kepentingan bersama, termasuk untuk kepentingan yang lain,”tegas Bupati Giri. Disebutkan, selama dirinya sebagai Bupati Badung akan melayani masyarakat yang datang ke RJ ini selama 24 jam. “Saya tidurpun, jika ada tamu yang datang, saya akan bangun untuk melayani,”ujarnya.

Tampak hadir dalam acara melaspas RJ tersebut, selain Bupati dan Wakil Bupati Badung, juga Ketua dan anggota DPRD Badung, Sekda Badung, Para Kadis/Kaban seluruh Badung, Lurah, Perbekel, Camat, Bendesa adat se Badung dan tokoh masyarakat Badung, Denpasar, dan tokoh-tokoh masyarakat. //don

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*