Organda Bali Ketemu Ketua DPRD Bali : Minta Pemerintah Revisi Aturan Terkait BBN-I

Denpasar, Berita Fajar Timur.com
Pagi ini sejumlah besar Pengurus Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Bali yang diketuai oleh IK. Edy Dharmaputra mengadakan pertemuan dengan Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama, S.Sos, bersama Komisi III dan IV di kantor setempat, Senin (5/2/2018).

Kehadiran para pengurus Organda untuk menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan nasib para anggotanya dengan regulasi yang dikeluarkan pihak pemerintah.

Terkait kedatangan rombongannya ini Ketua Organda Bali IK. Edy Dharmaputra mengaku,”kami ke sini untuk menyampaikan keluhan teman-teman kepada Anggota Dewan terkait beberapa masalah yang dihadapi Organda,”ujarnya.

Lebih lanjut Edy Dharmaputra mengatakan,”beberapa keluhan yang disampaikan diantaranya mahalnya biaya BBN-1 (Biaya Balik Nama) yang mana dikenakan 15% di Bali, sedangkan di Jawa hanya 10%. Dengan
BBNKB 15% tentunya sangat memberatkan bagi anggota Organda. Dengan kondisi ini otomatis pemerintah pasti juga kehilangan PAD karena para pengusaha angkutan sudah banyak yang gulung tikar. Sedangkan disatu sisi banyak kendaraan luar Bali beroperasi disini tapi namun pemerintah tidak bisa memungut pajak dari kegiatan mereka disini karena belum ada regulasinya,”ungkapnya. Untuk BBN-1 ini menurut dia,”supaya pemerintah merevisi aturan tersebut,”harapnya.

Hal lain yang dikeluhkan pihaknya adalah menyangkut Samsat Ranmor yang berbelit-belit. Menurut dia,”kalau bisa kebijakan terkait Samsat Ranmor agar lebih disederhanakan dan tidak berbelit-belit,”keluhnya.
Lalu masalah terminal tipe A Mengwi yang saat ini belum beroperasi secara optimal, dikatakan juga menjadikan pemanfaatan terminal bagi pengusaha AKAP lokal tidak mendapatkan apa-apa.
Desebutkan adanya dualisme pengoperasian Terminal Mengwi, dimana pemerintah pusat yang berwenang sementara pengaturan konekting dibawah pemprov juga hal yang menjadi kendala tersendiri.

Menjawab keluhan Organda Bali, Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama menegaskan, memahami keluhan teman-teman di Organda sembari menjanjikan secepatnya menyelesaikan permasalahan tersebut kepada pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat guna ditindak lanjuti.

Pertemuan yang dilaksanakan di ruangan Baleg DPRD Provinsi Bali ini dihadir oleh Kadishub Provinsi Bali IGA.Sudarsana, Anggota DPRD dari Komisi III dan IV., serta sejumlah pejabat terkait lainnya. //don

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*