Pelaku Curat Diamankan Polsek Kuta Utara, Satu Buron

Badung, Berita Fajar Timur.com
Kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) yg terjadi di SMS Mart pada 30 Januari 2018 yang menimpa korban I Kadek Cristian Ananda (22) Jln. Pantai Berawa, Br. Pelambingan.
Para pelaku terdiri dari : I Putu Galang Ramadani (18), berdomisili Jl. Tegal Wangi No.12 Denpasar, Asal Mendoyo-Kabupaten Jembrana, I Wayan Brata alias Kuncir (18), Jl. Hayamwuruk Gg.8/14 Sumerta Klod Denpasar, Muhamad Rafiq Febriyono (18), alamat BTN Sanggulan Kec.Kediri Tabanan dan Cedil (22), pelaku yang terakhir masih buron.

“Kawanan pencuri melakukan aksinya pada hari Selasa tgl 30 Januari 2018 sekitar pukul 02.23 Wita. Mereka mencongkel pintu minimart dengan menggunakan obeng dan mengambil rokok di etalase serta uang di dalam laci kasir,”jelas Kapolres Badung AKBP Yudith Satria Hananta, S.I.K, di Mako Polsek Kuta Utara.

Kronologis kejadian :
Sekira pkl 02.30 wita korban melihat dua orang yang tidak dikenal masuk kedalam tokonya dimana pada saat itu dilihat dari CCTV bahwa pelaku masuk dengan cara mencongkel pintu dan mengambil uang di dalam laci kasir serta beberapa slop rokok berbagai merk. Dua kawanan pelaku berada diluar sembari duduk diatas kendaraannya sambil mengawasi situasi.

Mengetahui adanya pencurian saksi Kristanto (22) bersama korban Kadek Cristian Ananda mendekati kawanan yang ada di pinggir jalan yang sedang duduk diatas motor tersebut dan berhasil diamankan. Sementara tiga orang melarikan diri. Melihat pelaku melarikan diri, korban menginformasikan kepada pihak kepolisian. Mendapat laporan korban, anggota Polsek Kuta Utara langsung melakukan penyisiran di sekitar TKP.

Pkl. 03.00 wita pelaku an. Galang yang sedang berusaha melarikan diri ke sawah sawah dapat diamankan beserta barang buktinya. Sayangnya, pelaku lainnya dapat meloloskan diri ke arah Denpasar dengan menggunakan spm Scoopy warna merah putih. Selanjutnya pelaku an. Galang dilakukan penggeledahan, dimana ditemukan uang sebanyak Rp 50.8250 dan setelah dibuka plastik kresek hitam berisi 9 slop rokok dan beberapa snack.
Berdasarkan hasil interogasi bahwa pelaku sudah melakukan aksinya di 8 ( delapan ) TKP di Kuta Utara dari 2 bulan yang lalu.

Aparatpun mengejar para pelaku yang masih buron. Upaya tersebut membuahkan hasil, dimana Rafiq dapat diamankan oleh Opsnal Polsek Kuta Utara di Jln Gatsu Timur pada Kamis (1/2), sementara pelaku atas nama Cedil masih dilakukan pencarian.

Berdasarkan interogasi petugas, diketahui pada saat itu Cedil (masih buron) dan Galang sebagai pemetik atau yang masuk melakukan pencongkelan serta mengambil barang. Sedangkan pelaku Rofiq dan Kuncir berperan sebagai joki dan melakukan pengawasan ditempat kejadian.

“Dari keterangan ketiga tersangka, hasil dari pencurian di delapan TKP yang dilakukan di Kuta Utara berupa tabung gas semua dijual di warung yang berbeda di wilayah Panjer. Yang berupa rokok dijual di wilayah Denpasar,”jelas AKBP Yudith Satria Hananta didampingi Kapolsek Kuta Utara.

Uang hasil curian dan hasil penjualan barang curian tersebut dibagi rata dan dipergunakan untuk foya-foya. Kini para pelaku yang sudah diamankan aparat Polsek Kuta Utara dikenakan dakwan berupa pasal 363 KUHP tentang Curat. //don

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*