Mabes Polri dan FBI Tangkap Kapal Yacht Senilai 3,5 Triliun

DENPASAR, Berita Fajar Timur.com
Tim Mabes Polri dan FBI berhasil menangkap sebuah kapal yacht Equanimity yang diduga hasil korupsi dan pencucian uang dalam sebuah kasus yang sedang ditangani oleh Pengadilan Amerika Serikat. Dari informasi yang dihimpun Berita Fajar Timur.com, di TKP, Kapal ini memiliki harga senilai USD 250 juta atau Rp 3,5 triliun itu.

 

Kapal ini diketahui sebagai yacht terbesar ke-54 di dunia. Kapal mewah ini diberi nama Equanimity yang artinya ketenangan jiwa, meskipun berada dalam situasi sulit apapun.

 

Diketahui kapal Equanimity ini berdasarkan Pengadilan AS dimiliki oleh seorang miliuner asal Malaysia Jho Low. Low terlibat dalam sebuah kasus korupsi transfer dana USD 1 miliar dari pihak berwenang Malaysia ke rekening pribadi.

 

Wadir Tipideksus Bareskrim Mabes Polri, Kombes Daniel Tahimonang Silitonga menjelaskan bahwa kapal tersebut merupakan hasil kejahatan dari kasus korupsi yang terjadi di negri paman sam tersebut. “Kasus korupsi di AS dan hasil penyidikan FBI di sana bahwa hasil korupsi itu digunakan sebagian untuk membeli sebuah kapal yang sedang berlayar di Indonesia,” ujarnya di Denpasar, Bali, Rabu (28/2/2018).

 

Kapal mewah dengan ukuran panjang 91 meter dan berkapasitas 28 penumpang dan 33 kru tersebut diparkir sekitar 500 meter dari bibir pantai di Nusa Dua, Badung, Bali. Saat ditangkap, kapal yang memiliki warna hitam kebiruan kombinasi warna putih tersebut saat ditangkap terdapat sebuah bendera negara Inggris.

 

Saat melakukan penangkapan dan penyitaan, puluhan petugas Polda Bali bersenjata laras panjang disiagakan disekitar lokasi. Sementara, Daniel diangkut menggunakan sebuah kapal kecil didampingi dan dijaga ketat oleh penyidik FBI menuju Equanimity pada pukul 13.30 WITA dan hingga pukul 16.45 WITA belum juga keluar.

 

Awal diproduksi, Equanimity memiliki fasilitas spa, salon kecantikan, gym, sauna, kolam renang dan kamar mandi bergaya mediteranian. Interiornya dibalut gaya oriental dan beberapa perabotannya berbalut emas, ditambah peralatan navigasi termutakhir yang disematkan di ruang kendal

 

Dari informasi yang dihimpun, kapal Equanimity ini merupakan super yacht mewah dengan panjang 91 meter, berkapasitas 28 penumpang dan 33 kru. Kapal ini diproduksi oleh Oceanco asal Belanda dan dikirim kepada pemesannya pada tahun 2014 lalu.

Awal diproduksi, Equanimity memiliki fasilitas spa, salon kecantikan, gym, sauna, kolam renang dan kamar mandi bergaya mediteranian. Interiornya dibalut gaya oriental dan beberapa perabotannya berbalut emas, ditambah peralatan navigasi termutakhir yang disematkan di ruang kendali. Rio

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*