Mahasiswa Asal NTT di Bali, Bos Kombal : Kalau Mau Sukses Jangan Gengsi

Denpasar, Berita Fajar Timur.com – Pembekalan Pengurus Aliansi Mahasiswa NTT ( Amanat) Bali, yang di laksanakan hari ini Minggu (4/3) di Kampus IKIP PGRI Bali mendatangkan nara sumber-nara sumber yang cukup mampu dibidangnya.

Salah satu Pemateri yang didatangkan dalam acara PPA Amanat Bali kali ini adalah seorang interprenier muda asal Manggarai yaitu, Ferdi Das.

Ferdi Das adalah seorang pembisnis roti untuk disuplayer ke Hotel dan Restaurant di wilayah Bali, serta pengusaha Kompiang Manggarai Bali (Kombal).

Dalam pemaparan materi tentang ekonomi kreatif, Bos Kompiang Manggarai Bali itu mengupas dengan tuntas tentang bagaimana cara melakukan ekonomi kreatif.

Salah satu tips yang diberikannya kepada para mahasiswa yang mengikuti pembekalan tersebut yaitu bagaimana cara Mahasiswa itu menghilangkan kebiasaan gengsi.

“Jika ingin berbisnis yang paling utama ialah, jauhilah yang namanya gengsi. Sebab, kebiasaan orang NTT itu kalau berjualan itu pegang gengsi”, tuturnya.

Tambahnya, ada tiga hal yang harus dilakukan dalam menjalankan ekonomi kreatif yaitu; pengadaan barang, menambah volume produk, dan motivasi diri.

Menurut Das, ketiga hal ini harus sejalan jika ingin mendapatkan untung yang banyak. Sebab itu semua berangkat dari pengalaman dirinya yang sudah bergelut menjadi pembisnis  selama ini.

“Saya tau, sebuah organisasi pasti membutuhkan uang dalam menjalankan roda organisasinya. Dan tidak mungkin dalam perjalanan waktunya adik-adik Mahasiswa selalu mengeluarkan uang saku sendiri untuk membiayai segala keperluan di dalam organisasi. Nah itu tadi gunakan Ekonomi Kreatif dengan cara menjalankan bisnis secara kecilan-kecilan, tutur Ferdi Das.

Tambah Das, apa lagi saya dengar tadi ada Kabid Ekonomi kreatif, itu sangat bagus sekali. Laksanakan itu dengan baik. Disamping mendapatkan uang utuk organisasi, Ekonomi Kreatif itu juga bisa dijadikan sebagai bekal ilmu menjadi Pembisnis nanti jika kelak lulus dari bangku kuliah, Tutupnya.

Untuk diketahui, PPA Amanat Bali merupakan sebuah agenda yang dibuat oleh organisasi Amanat Bali sebagai langkah awal bagi pengurus untuk memperlancar jalannya organisasi Aliansi Mahasiswa NTT (Amanat) Bali dalam menjalankan tugas dan fungsinya di kemudian hari.//Remigus Nahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*