Koster Akan Berikan Kartu Kesehatan Khusus Bagi Sulinggih dan Pemuka Agama Lain

DENPASAR, BERITA FAJAR TIMUR.COM
Konsep “One Island, One Management” yang dicanangkan pasangan Cagub-Cawagub Bali I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) diantaranya, pendidikan dasar dan menengah gratis dengan Wajib Belajar 12 tahun, bidang kesehatan dan pangan.

“Program kesehatan Bali Mandara yang dibuat Gubernur Made Mangku Pastika akan dilanjutkan dan ditata kembali, baik layanan kesehatannya maupun satuan biayanya. Serta, lebih mudah dan akan diintegrasikan dengan Kartu Indonesia Sehat dari Presiden Jokowi di seluruh Bali,” jelas I Wayan Koster saat menghadiri Deklarasi masyarakat Kalurahan Ubung, Minggu, 4 Maret 2018.

Untuk program kesehatan gratis, jelas Koster, “akan diformat ulang dengan nama program Krama Bali Sehat (KBS). Program itu menjadi penyempurnaan dari program Bali Mandara yang diinisiasi oleh Gubernur Made Mangku Pastika.

Program Kesehatan menjadi salah satu yang istimewa. Karena, bagi para Sulinggih dan Pemangku akan diberikan kartu khusus dengan layanan yang khusus pula.

“Sulinggih maupun pemangku perlu kita perhatikan untuk jaminan Kesehatan gratis. Kalau disini ada para kyai maupun rohaniawan lain, kami juga berikan kartu (kesehatan) khusus yang berlaku di seluruh Bali,” terang Wayan Koster.

Di bidang pangan, dijelaskan Koster, Kota Denpasar akan dijadikan mitra Kabupaten lain yang memiliki hasil bumi seperti buah maupun sayur-sayuran. Kota Denpasar menjadi hilir dari hasil pertanian maupun perkebunan.

Koster mengatakan, Denpasar mempunyai banyak hotel dan Restoran. Sehingga wilayah lain dapat menjual hasil bumi seperti jeruk maupun salak dari Kabupaten Karangasem.

“Denpasar dan Badung wajib membeli dan menyerap makanan lokal dari Bali. Contohnya, nanti di setiap kamar hotel wajib ada 2 butir salak. Dengan begitu kita tak perlu repot menjual ke provinsi lain. Makan atau tidak salak wajib itu terserah karena semuanya sudah dibayar pihak hotel. Kita harus memprioritaskan hasil pertanian lokal,” ujar Wayan Koster.

Selain itu, Wayan Koster mengungkapkan program lain yang merupakan pengembangan industri kreatif berbasis budaya, akan memiliki branding sendiri untuk mendukung pariwisata. “Branding itu ya branding Bali,”tutup Koster. //don

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*