Masa Kecil Agus Mahayastra : Bantu Ibu Jualan di Pasar, Bisa Bikin Kopi dan Masak Mie Untuk Pelanggan

Gianyar, Berita Fajar Timur.com
Sisi lain dari kehidupan masa kecil I Made Agus Mahayastra, sang calon Bupati Gianyar periode 2018-2023. Dia dilahirkan pada tahun 1971 di Payangan Gianyar dari ayah seorang guru SD I Wayan Sutama dan Ibu Ni Made Sudani, bersaudara 3 (tiga) orang.
Agus Mahayastra mengaku ikut berjualan di Pasar Payangan bersama ibundanya Ni Made Sudani. “Dari sinilah saya belajar tentang sisi-sisi kehidupan bersama ibu saya khususnya. Saya teringat ketika ibu pas tidak di tempat jualan, sayalah yang berjualan. Membuatkan kopi menjual rokok atau memasak sari mie untuk disajikan ke pelanggan,”cerita Agus Mahayastra tentang masa kecilnya ketika beritafajartimur.com menemuinya di Posko Pemenangan PDIP di Gianyar, Rabu (9/5/2018).

Menjalani kehidupan desa bukanlah persoalan bagi Mahayastra kecil lantaran anak-anak seusianya itu mengalami hal yang sama.”Setelah saya lahir tahun ’71, dua tahun kemudian baru ada listrik di desa. Tidak ada handphone atau gadget seperti anak-anak sekarang. Namun ini semua adalah sebuah proses pembentukan karakter saya selanjutnya seperti sekarang ini,”bebernya.
Dari sinilah Agus ditempa oleh sang waktu. “Selama 16 tahun saya habiskan masa kecil hingga menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri 1 Gianyar. Penempaan kehidupan sesungguhnya ketika mulai melannjutkan pendidikan di Program studi Ilmu Kepariwisataan di Universitas Udayana. Selain mulai aktif di Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Di Semester III saya sudah menjabat Ketua PDI Payangan,”sebutnya.

Karir politik Agus Mahayastra pun terus melejit seiring perjalanan waktu.
Momen reformasi yang dimotori para mahasiswa dan beberapa tokoh politik dan kalangan kampus segera tiba pada tahun 1998, dimana salah satunya Agus Mahayastra menjadi salah satu anggota Panitia Kongres PDI di Padanggalak Denpasar yang kemudian Megawati Soekarnoputri memproklamirkan Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P). Disinilah titik balik yang Mahayastra menghantarkannya menjadi ketua DPC PDIP Kabupaten Gianyar.
“Saya menjadi ketua DPRD Gianyar dua periode 2004-2009 dan 2009-2013. Kemudian menjadi Wakil Bupati 2013-2018,”terangnya.

Kini, selangkah lagi I Made Agus Mahayastra menjadi Bupati Gianyar periode 2018-2023. Berpasangan dengan Anak Agung Mayun yang tiada lain adik dari tokoh Puri Agung Gianyar AA. Bharatha. Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar ini dikenal luas di masyarakat sebagai Paket AMAN.
Sekedar diketahui, tingkat elektabilitas paket AMAN sangat signifikan. Hal tersebut dilihat dari respon masyarakat Gianyar terhadap paket AMAN. //don

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*