Dari Bali, Tertawa Untuk Perdamaian Dunia

Ubud, beritafajartimur.com
Menarik sekali, Sabtu (16/6/2018) bertempat di Lapangan Umum Desa Nyuh Kuning Ubud, 5000 orang peserta tertawa bersama-sama dalam acara terapi “yoga tertawa (Laughter Yoga).”
Yoga yang unik ini ditemukan oleh Dr. Madan Kataria dari Mumbay India pada tahun 1995. Kini berkembang pesat di seluruh dunia termasuk di Bali.
Mahaguru Yoga tertawa ini didampingi sang istri Madan Maduri turut menyaksikan para peserta yoga tertawa serempak tersebut.

Kepada sejumlah media Madan Kataria “the founder of laughter yoga international” ini mengatakan,”ini bukan sekedar tertawa biasa melainkan salah satu terapi kesembuhan berbagai penyakit psikis yang diakibatkan oleh berbagai rasa tertekan dan stres,”.
Kata dia, tertawa selain menghibur hati dan menyehatkan badan juga dapat mengeluarkan vibrasi positif bagi alam semesta yang kita huni ini. “Disamping itu, kita membentuk komunitas orang sehat dan selalu bersukaria di seluruh dunia ini,”terangnya.
Sejak ditularkan ilmunya untuk pertama kalinya melalui Kadek Suambara telah lebih dari 40 klub yoga tertawa berkembang di Bali yang dibantu sekitar 160 pelatih pula.

Hal senada disampaikan oleh Madan Maduri, dimana, kata dia,”melihat perkembangan laughter yoga di Bali, ia optimis pesan perdamaian ke seluruh pelosok dunia akan digaungkan dari “pulau seribu pura” ini.

“Dari waktu ke waktu, saya melihat perkembangan lauhgter yoga terus meningkat. Pesertanya semakin banyak saja, ini akan membawa pesan perdamaian bagi dunia kian menggema,”ucapnya.

Di lain pihak, Kadek Siwa Suambara yang ditemui disela-sela acara mengatakan bahwa Yoga jenis ini kini berkembang pesat di Bali. Dengan terus bertambahnya kelompok yoga tertawa yang tersebar di seluruh Bali, diharapkan akan semakin banyak warga masyarakat yang mengikuti terapi tersebut. Pun dengan sendirinya akan semakin banyak pula yang sehat tanpa harus mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan rumah sakit.
Perkembangan yang pesat ini diapresiasi sehingga pihaknya berencana akan mendirikan universitas Laughter Yoga.
“Astungkara kami akan membuka universitas Laughter Yoga di Bali, sehingga setiap orang di dunia ini akan datang ke Bali untuk belajar tertawa,”harapnya.

Tertawa sangatlah simpel untuk dilakukan oleh setiap orang di setiap saat. Namun tertawa dalam konteks Laughter Yoga perlu mendapat training khusus oleh trainer yang ahli terutama dalam kaitannya untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang terdapat di badan kita.

Jika anda tertekan,,,tertawalah
Jika anda setres,,,tertawalah
Jika anda sakit,,,tertawalah
Maka andapun sembuh. //don

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*