Bumi Suksesindo Terjunkan Tim Tanggap Darurat ke Lombok Utara

Lombok, BERITAFAJARTIMUR – Perusahaan pertambangan PT Bumi Suksesindo (BSI) menjalankan misi kemanusiaan dengan menerjunkan tim tanggap darurat (Emergency Response Team/ERT) ke Lombok Utara.

“Tim kami terdiri dari 10 personel, yang sudah berangkat sejak tanggal 5 Agustus 2018. 6 Agustus tiba di lokasi. Persiapan hanya sekian jam saja sejak ada info bencana gempa Lombok,” kata Koordinator Tim BSI, Sugeng Hariyanto kepada media di Pemenang, Rabu (15/8).

Dikatakan Sugeng, misi kali ini adalah membantu korban gempa bumi yang mengguncang Lombok beberapa waktu lalu.

“Tim bertolak dari site PT BSI di Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi menuju ke lokasi bencana, tepatnya di Kecamatan Tanjung di Kabupaten Lombok Utara, pada  6 Agustus lalu. Hanya satu misi yang dibawa oleh tim, yakni menolong warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Sejak tiba di lokasi bencana, maka maka ERT BSI ini telah melakukan berbagai langkah kemanusiaan bagi masyakarat. Antara lain, melakukan pertolongan medis dan terlibat pertolongan  terhadap warga yang mengalami kecelakaan saat gempa terjadi.

“Ada seorang ibu yang sudah terjepit reruntuhan bangunan rumah selama 3 hari. Ada tim lain yang membantu ibu bersangkutan, lantas kami dari ERT BSI menyiapkan kendaraan untuk membawanya ke rumah sakit,” ujarnya mengisahkan.

Sementara itu, Presiden Direktur PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri menyatakan, penerjunan ERT BSI adalah mengemban misi kemanusiaan. Tujuannya adalah untuk menolong saudara-saudara yang terkena musibah di Lombok.

Dikatakan Adi, di lokasi bencana, ERT BSI bergabung dengan tim tanggap darurat di bawah koordinasi ESDM bersama 25 perusahaan tambang lainnya. Tim ini bertugas melakukan penyisiran untuk mencari korban dan penanganan medis di beberapa wilayah kecamatan, antara lain, Pemenang, Tanjung dan Gangga.

“Untuk penugasan di lapangan kami senantiasa berkoordinasi dengan ESDM, BNPB dan Dinas Kesehatan Provinsi Lombok,” ujar Adi.

Dalam misi kemanusiaan Lombok ini, selain memberikan bantuan tenaga relawan lapangan, PT BSI juga memberikan bantuan kebutuhan-kebutuhan lainnya, seperti tenda, sleeping bag, pakaian, dan terpal. Sebuah mobil operasional BSI juga diturunkan di lapangan untuk turut membantu transportasi logistik bagi korban di area pengungsian.

“Semoga bantuan kami dapat meringankan penderitaan korban dan proses pemulihan dapat berjalan sesuai yang direncanakan pemerintah, masyarakat dan para pihak pendukung lainnya,” katanya Adi.  (Vivi)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*