Dukung Penuh ke DPD RI, KERIS Dipersilahkan Naik Singa Barong

Karangasem, BERITAFAJARTIMUR.COM – Sekjen Ormas Laskar Bali Ketut Putra Ismaya (KERIS) disambut antusias ketika hadir di Desa Adat Asak, Kabupaten Karangasem, Minggu (19/8).

Calon anggota DPD-RI Dapil Bali periode 2019-2024 ini bahkan mendapat perlakuan istimewa karena diberi kesempatan untuk naik ke punggung ‘Singa Barong’, yang wujudnya adalah satwa singa berwarna merah.

Masyarakat setempat sangat mensakralkan Singa Barong yang selama ini menjadi wadah tulang dalam ritual upacara Pitra Yadnya atau Atma Wedana.

Putra Ismaya atau KERIS dipersilahkan tokoh masyarakat untuk menaiki Singa Barong, dikarenakan pria ini hendak maju ke DPD-RI pada perhelatan Pemilihan Legislatif 2019 dengan tujuan untuk memperjuangkan kepentingan dan aspirasi masyarakat Bali.

Pada kesempatan itu, Putra Ismaya menyatakan pihaknya lebih dulu menghaturkan terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, serta Jro Bendesa Asak, Ida Para Pandita Suci, para perangkat adat dan dinas, serta semeton Asak yang merupakan warga Bali Mula.

“Saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada saudara semua di Laskar Bali dan KERIS atas waktu dan kesiapannya ngaturang ayah bersama titiyang nindihin Gumi Bali,” kata Putra Ismaya.

Selanjutnya, Putra Ismaya menyebutkan bahwa dirinya benar-benar merinding ketika Ketua Panitia Jro Bendesa Adat Asak meminta dirinya naik ke badan Singa Barong. “Sebenarnya tidak mungkin boleh, karena saya berasal dari luar daerah. Tetapi, malah dipersilahkan oleh beberapa krama Asak, sampai akhirnya saya mau naik ke atas badan Singa Barong tersebut,” ucapnya, lirih.

Tentunya dengan didahului doa dan memohon kepada para pitara agar diberikan izin untuk menaiki singa tersebut. Astungkara, akhirnya berjalan lancar, kata Putra Ismaya mengenang pengalaman yang dirasakannya luar biasa. (don)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*