Polda Bali Tangkap Pemilik Lima Ekor Satwa Langka

Denpasar, BERITAFAJARTIMUR.COM – Direktorat Reskrimsus Polda Bali dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bali mengamankan sejumlah satwa dilindungi di objek wisata Rumah Pohon Bukit Lemped, Budakeling, Padang Kerta, Karangasem pada akhir Mei 2018 lalu.

Seluruh satwa itu sempat dititipkan di Bali Zoo, karena saat ditemukan kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan salah satu satwa jenis Lutung Jawa mati akibat dirantai dan kekurangan asupan gizi.

“Rencananya kasus ini akan kami limpahkan tanggal 23 Agustus 2018 ke Kejati Bali, tapi Lutung Jawa sudah mati Minggu (19/8) malam,” kata Wadir Reskrimsus Polda Bali AKBP Ruddi Setiawan SH SIK didampingi Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Bali, AKBP I Gusti Ayu Yuli Ratnawati SE di Mapolda Bali, Senin (20/8).

Perwira melati dua di pundak ini mengatakan, dari keterangan pelaku, I Nyoman Putu Mudita (43), Lutung Jawa dibeli seharga Rp 1,5 juta di Pasar Satria, Jalan Veteran, Denpasar. Sedangkan dua ekor landak, satu ekor anak kucing hutan dan satu ekor anak kijang, ditangkap di sekitar TKP. Satwa itu dipajang demi menarik minat pengunjung agar datang ke objek wisata tersebut.

Sementara Kasi Konservasi Wilayah II BKSDA Bali, Sulistyo Widodo menyampaikan, pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat melalui call center BKSDA. “Kami berkoordinasi dengan Ditreskrimsus Polda Bali mendatangi objek wisata Rumah Pohon Bukit Lemped. Ternyata benar ada satwa yang tidak diperlakukan sebagaimana layaknya,” ucapnya. (don)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*