Gempa Guncang Denpasar Tidak Berpotensi Tsunami

Denpasar, BERITAFAJARTIMUR.COM – Gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Samudera Hindia Selatan Bali, pada Kamis, 23 Agustus 2018, pukul 06.48.38 Wita.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,4 yang selanjutnya dilakukan pemuktahiran menjadi M= 5.1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,48 LS dan 114,75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 103 km arah baratdaya Kota Denpasar, Bali, pada kedalaman 68 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia,” kata Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Drs M Taufik Gunawan Dipl SEIS melalui rilis pada media.

Dikatakannya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik (Thrust fault ).

Dampak gempa bumi ini berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Kuta, Jimbaran, Denpasar II SIG-BMKG (III-IV MMI), Mataram, Lombok barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur II SIG-BMKG ( III MMI), Gumuk Mas (Jember) I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 07.15 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya. (don)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*