Hut ke 73 TNI : Kodam IX/Udayana Gelar Bakti Sosial di Pura Jati Toya Bungkah Batur Kintamani

Bangli, BERITAFAJARTIMUR.COM
Menyambut Hari Ulang Tahun (Hut) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 73 (5/10-1945- 5/10- 2018) Keluarga Besar Kodam IX/Udayana melaksanakan kerja bhakti di Pura Jati Banjar Toya Bungkah, Desa Batur, Kec. Kintamani Bangli, Jumat (28/9/2018).

Beberapa kegiatan dalam karya bhakti warga Kodam Udayana seperti : penanaman 1000 pohon yang terdiri dari 100 pohon cempaka dan 900 pohon ampupu, pengobatan gratis dan kegiatan kebersihan di lingkungan Pura Jati Br. Toya Bungkah Desa Batur Kec Kintamani Bangli.

Kegiatan diikuti 1100 personil terdiri dari 700 anggota dari unsur TNI dan Polri, Siswa 150 orang, dan masyarakat Desa Batur 250 orang. Sedangkan dari Unsur TNI terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan PNS di Lingkungan Kodam IX/Udayana. Acara kerja bhakti dihadiri Bupati Bangli Made Gianyar, Kejari Bangli Nur Handayani, SH, MH, Wakapolres Bangli Kompol Ketut Gelgel, S.Sos, GM PT PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa, para Dandim se-Bali, dan Dan Kodiklat Mabes TNI AD Letjen TNI Herindra dan pejabat teras lainnya.

Dalam kesempatan ini dilakukan penyerahan secara simbolis “bedah rumah” kerjasama antar Kodam dengan PT PLN Distribusi Bali diserahkan kepada bapak Murah dari Desa Penaga Landih Pengotan Bangli.
Acara tambahan diisi dengan relly motor trail diikut oleh 30 personil dari TNI, 15 dari kepolisian dan 10 orang dari masyarakat dengan rute dari Toya Bungkah menuju Seked Larva Hitam Gunung Batur lalu balik lagi ke tempat upacara.

Dalam amanatnya Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, mengatakan dipilihnya pura Jati sebagai pusat kegiatan bhakti TNI dalam rangka Hut TNI ke 73 sangat tepat. Karena selain di lokasi ini tandus juga dapat melestarikan lingkungan di wilayah ini yang sering terkena bencana agar menjadi hijau dan bersih,”ujar Pangdam.

Pangdam berharap masyarakat di sekitar wilayah Danau Batur yang juga merupakan daerah tujuan wisata di Kabupaten Bangli dapat menjaga dan melestarikan wilayahnya dengan baik sehingga para turis yang datang akan merasa betah dan nyaman.
Untuk pengobatan gratis yang dilakukan oleh rumah sakit Kesdam Udayana, Pangdam mewanti-wanti agar petugas kesehatan melaksanakan tugasnya dengan baik.

Di lain pihak GM PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni menegaskan kesediaannya untuk memberikan bantuan serupa apabila Kodam Udayana memintanya ke depan.
“Kami dengan senang hati melakukan kerjasama karena PLN bukan hanya bertanggung jawab untuk ketersediaan penerangan bagi Bali tapi juga membantu masyarakat dalam kegiatan sosial seperti bedah rumah dan lainnya,”ucapnya. Untuk bedah rumah veteran kali ini, menurut Nyoman Suwarjoni adalah bagian dari panggilan nurani untuk menghargai pejuang yang telah memerdekakan bangsa dan tanah air kita.”Sebagai generasi penerus kita wajib menghargai para veteran atas jasa dan pengabdian mereka kepada negara kita,”imbuhnya.

Bupati Bangli Made Gianyar menambahkan bahwa Tuhan menciptakan terlebih dahulu daratan, lalu tumbuhan, binatang-binatang dan kemudian terakhir manusia. Karena itu kita wajib memuliakan alam yang telah memberi kita manfaat yang besar yang diciptakan Tuhan. Karena itu kegiatan penanaman pohon merupakan salah satu bentuk pemuliaan alam dan keikutsertaan kita dalam mengurangi pemanasan global. Saya selaku Bupati Bangli, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Pangdam dan jajarannya atas kegiatan bhakti sosial pada hari ini,”ujarnya singkat.

Kegiatan Kodam IX/ Udayana pada hari ini, Jumat (28/9) diakhiri dengan offroad ke kaki bukit Gunung Batur bersama Pangdam Mayjen Benny Susianto. Tampak Pangdam piawai offroader dengan mengendarai mobil toyota landcruiser milik club kaung bali dari Kintamani Bangli.

(Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*