Wow! Dana Annual Meetings IMF-World Bank di Bali Capai Rp 6 Triliun

Jakarta, Beritafajartimur.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, mengungkapkan biaya untuk pagelaran IMF dan Bank Dunia di Bali, menelan hampir Rp6 Triliun. Dana tersebut terbagai dua yakni, biaya teknis pertemuan Rp 1 triliun dan biaya pembangunan infrastruktur Rp 4,9 triliun.

“Kalau hanya untuk mempromosikan pariwisata Bali atau Indonesia, itu jelas biaya promosi yang sangat mahal dan tak masuk akal,” kata Fadli Zon di Jakarta, seperti dikutip dari aktual.com Jumat (28/9/2018).

Menurut Fadli, dana yang mencapai Rp6 triliun itu, bisa digunakan untuk membantu rehabilitasi gempa Lombok.

“Dana sebesar itu jauh lebih bermanfaat jika dialihkan untuk rehabilitasi Lombok dan Sumbawa atau hal-hal lain yang baik bagi masyarakat secara langsung,” katanya.

Politisi Gerindra itu menilai, pemerintahan Joko Widodo tidak memiliki target dalam pertemuan tersebut. “Kecuali untuk kepentingan prestise beberapa elite di pemerintah,” ucapnya.

Lebih lanjut Fadli menyebut, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan ada potensi investasi sebesar USD 2-3 miliar atau sekitar Rp 43,5 triliun bisa masuk ke Indonesia melalui pertemuan tersebut.

“Tapi, saya kira proyeksi itu tidak akan efektif. Namanya saja cuma potensi, ujungnya biasanya tak terjadi apa-apa,” katanya.

“Proyeksi investasi yang muluk-muluk dari event ini menurut saya hanya bersifat apologetik saja, sekadar jadi dalih pembenar atas event mahal ini,” katanya menyindir.

(Editor : Jerry Palohoon)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*