Yosep Diaz: Pasar Kreneng, Malam Jadi Primadona, Kebersihan Harus Tetap Dijaga

Denpasar, Beritafajartimur.com
Bicara Pasar Kreneng merupakan salah satu pasar yang sudah dikenal dikalangan masyarakat Bali, khususnya warga Kota Denpasar. Pasar ini pada pagi hari hingga menjelang siang merupakan pasar tradisional yang menjual barang kebutuhan pokok sehari-hari seperti layaknya pasar-pasar umum. “Menariknya menjelang malam hari, Pasar Kreneng langsung berubah menjadi pasar malam yang sebagian besar pedagangnya menjajakan makanan siap saji dan berbagai jenis pakaian, sepatu, tas, aksesoris, serta lainnya,” ujar Yosep Yulius Diaz yang akrab disapa Yosep Diaz, Selasa (30/10).

Dikatakan, Pasar Kreneng ini beroperasi hampir 24 jam penuh tiap harinya, sebab pasar malamnya bisa beroperasi hingga subuh. Pasar Kereneng malam hari inilah yang menjadi primadona bagi pasar yang terletak di bilangan Jalan Kamboja Denpasar ini. Lokasi pasar yang relatif mudah dicapai dengan berkendaraan sepeda motor, dan juga dapat ditempuh kurang dari 10 menit dari Lapangan Puputan, Gedung Taman Budaya, atau Pusat Perkantoran Renon.”Ini juga membuat Pasar Kereneng menjadi populer,” terang calon legislatif (caleg) DPRD Bali Dapil Kota Denpasar dari Partai Gerindra nomor urut 7 ini.

Lanjutnya, bukan tidak mungkin kalau hingga tengah malam Pasar Kreneng ini masih ramai dikunjungi. Pasar Kreneng kalau malam hari juga identik disebut sebagai pasar wisata kuliner. Nah kalau tidak sempat mampir ke Pasar Kreneng ini, maka sangat disayangkan kalau dilewatkan. “Karena di Pasar Kreneng ini menyajikan nasi babi guling hingga soto babi yang menjadi salah satu menu favorit untuk dinikmati masyarakat Bali,” ucapnya.

Kemudian, Yosep Diaz menjelaskan, bisa menikmati kuliner di Pasar Kereneng sangat khas suasana kerakyatan, orang menikmati makanan yang disajikan di atas sebuah meja panjang, di bawah naungan tenda atau terpal membaur dengan para pengunjung pasar yang berseliweran disekitarnya. “Istilah Pasar Kreneng sekarang juga diibiratkan pasar senggol. Bahkan, para pengamen pun turut mengais rejeki dan menemani pengunjung dengan alunan lagunya ketika menikmari menu favorit santap malam di tengah hiruk pikuk pasar,” imbuhnya.

Yosep Diaz menambahkan, dibalik Pasar Kreneng yang menjadi sorotan adalah masalah sampah yang masih berserakan dikarenakan para pedagang tidak begitu fokus untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar yang membuat suasana sekitar Pasar Kreneng dipandang jorok dan bau. “Mestinya para pedagang harus bisa memperhatikan kebersihan lingkungan disekitar tempat berjualan. Jika ingin tempat berjualannya ramai dikunjungi pembeli, pedagang mestinya ikut memperhatikan hal yang kecil terutama masalah kebersihan lingkungan sekitar, jangan hanya bisa cari untung saja,” tambahnya. War/don

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*