Yosep Diaz: Pedagang Kaset DVD Masih Diminati Pembeli

Denpasar, Beritafajartimur.com Perkembangan teknologi yang semakin canggih di Zaman Now ini membuat sebagian masyarakat mulai meninggalkan barang elektronik keluaran lama dan beralih produk teranyar. “Oleh karenanya, tidak sedikit pengusaha atau pedagang kecil sekelas pedagang kaki lima mulai dirasakan gulung tikar yang dikarena kurang bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman,” ujar Yosep Yulius Diaz yang akrab disapa Yosep Diaz, Kamis (1/11).

Dikatakan, sepinya pembeli mulai dirasakan oleh Diky (40) seorang pedagang kaset VCD atau DVD. Karena menurut Diky masyarakat sekarang lebih tertarik melihat film di youtube melalui smartphone dibandingkan menonton kaset DVD. Walau demikian, tidak urung niat Diky untuk terus berjualan kaset DVD, sebab sudah menjadi profesinya. “Apalagi bagi Diky pekerjaan yang dilakoni sekarang sudah menjadi rutinitas kesehariannya,” terang Yosep Diaz ketika sempat menanyai Diky seputar tentang usaha kaset DVD yang digeluti.

Calon legislatif (caleg) DPRD Bali Dapil Kota Denpasar dari Partai Gerindra nomor urut 7 ini, menjelaskan memang tidak menampik jika peminat kaset sempat turun yang disebabkan di Zaman Now sekarang ini seseorang dengan mudah mencari, mengirim, dan memutarkan musik dan film yang disukai menggunakan smartphone mereka. “Namun bukan berarti tidak ada masyarakat yang ingin membeli kaset DVD. Pastinya masih ada, sebab selain kaset DVD harganya masih murah juga dirasakan kualitasnya lebih bagus,” ucapnya.

Melihat kondisi tersebut, Yosep Diaz sangat yakin kalau di Zaman Now seperti sekarang ini ternyata tidak berpengaruh besar terhadap penjualan kaset DVD. Buktinya penjual kaset DVD di Pasar Kreneng masih rame dikunjungi masyarakat, walau teknologi sudah canggih dan maju. ”Karena menonton melalui kaset DVD dirasakan tidak boros kuota, bahkan menontonnya juga bisa menggunakan layar besar seperti TV. Kalau menonton lewat youtube menggunakan layar kecil melalui smartphone,” imbuhnya.

Yoses Diaz menambahkan dilihat-lihat di Zaman Now, tidak banyak orang yang mau menekuni usaha seperti salah satunya menjual kaset DVD. Karena dari hasil penjulan kaset DVD untungnya tidak begitu banyak. Apalagi di Zaman Now atau Era Milinium sekarang ini dirasakan mulai mengalami penurunan omset penjulan kaset DVD yang dikalahkan oleh smartphone. “Jika tidak bisa bertahan akan membuat para pedagang kaset DVD mulai gulung tikar dikalahkan oleh kemajuan zaman,” tambahnya.War/don

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*