Tim Hukum “Klinik YYDiaz Sinergi Bantu Mediasi Dengan PT Magnum Indonesia Bali Cairkan Upah Harian 11 Security Annual Meetings IMF-World Bank 2018

Beritafajartimur.com (Denpasar)  Kegalauan 11 orang security yang sejak sebulan lalu upahnya tidak kunjung dibayarkan, akhirnya berujung dengan menggembirakan.

Kesebelas orang ini semula bekerja harian sebagai security pada saat berlangsungnya event IMF-World Bank di Nusa Dua, pada awal Oktober lalu.

Mereka dipekerjakan oleh PT Magnum Indonesia Bali sebagai tenaga pengamanan atau security di sejumlah titik lokasi penyelenggaraan IMF-World Bank. Namun setelah acara usai, upah yang dijanjikan tidak kunjung dibayarkan.

“Mereka kemudian menunjuk kami selaku tim hukum yang mewakili mereka untuk memperjuangkan haknya,” kata Valerian Libert Wangge SH, salah seorang tim kuasa hukum dari Klinik Hukum YYDiaz Sinergi, saat memberikan keterangan pada jumpa media di YYDiaz Center Jalan Tukad Musi, Denpasar, Jumat (23/11/2018).

Menurut pria yang akrab dipanggil  Varis, pihaknya bersama tim hukum lainnya memperjuangkannya, tanpa  menerima bayaran alias suka rela. Tim hukum berkomitmen untuk membantu orang-orang yang teraniaya haknya tersebut.

Varis menambahkan, saat ini bisa dibilang telah ada titik terang dengan kesediaan PT Magnum Indonesia Bali  memberikan pembayaran tahap pertama.

Menurut kesebelas orang itu, semula mereka dijanjikan akan dibayar Rp 250 ribu per 12 jam. Padahal normalnya bayaran meraka adalah Rp 300 ribu sekali event. Tapi mereka bersedia, karena untuk acara IMF ini jangka waktunya cukup panjang. Tapi kali ini dibayarkan Rp 150 ribu per 12 jam dulu,” katanya.

Varis menjabarkan, pada tahap pertama ini telah dibayarkan sebanyak Rp 40 juta, yang dibayarkan pada 11 orang security. Tapi berhubung 11 security menuntut pembayaran Rp 250 ribu sesuai perjanjian awal, maka pihak PT Magnum Indonesia Bali diberi tenggang waktu maksimal hingga 20 Desember untuk menyelesaikannya.

“Kalau sampai 20 Desember tidak ada pembayaran pelunasan, maka masing-masing pihak akan bertemu. Dan jika diperlukan akan ada upaya hukum lebih lanjut,” ujarnya.

Yosep Yulius Diaz selaku mediator menjelaskan bahwa pertemuan sejumlah security dengan PT Magnum Indonesia Bali ini, sebagai langkah mediasi dan ternyata menghasilkan titik temu yang baik.

“Pertemuan sengaja digelar kali ini, dengan harapan agar permasalahan tidak melebar atau bias.  Jangan sampai nanti ada tindakan tertentu dari anak-anak yang berujung dicap sebagai premanisme,” kata Yosep Yulius Diaz yang menjadi caleg DPRD Provinsi Bali Dapil Kota Denpasar dari Partai Gerindra nomor urut 7.

Ia berharap, jangan sampai ada lagi pihak yang mengorbankan rakyat kecil karena hal ini menyangkut nama baik negara. “Karena event ini berskala internasional dan berjalan sukses. Masa di balik  kesuksesan, ada riak soal hak atau gaji pekerja yang tidak dibayarkan,” katanya.

Sementara itu, Manager Operasional PT Magnum Indonesia Bali Rotario Dossantos Pereira menyebutkan, ada proses yang lumayan panjang untuk pencairan gaji tenaga yang dipekerjakan pada event IMF-World Bank.

“Karena data yang kita kirim, mesti disinkronisasi oleh Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP). Tapi yang jelas untuk 11 orang ini, sore kali ini telah clear kok,” ujarnya.

Nama-nama  11 orang security yang mengadukan masalahnya ke tim hukum “Klinik Hukum YYDiaz Sinergi” adalah :

1. Martedent Selan
2. Rambo Cirilo Ballo
3. Marson Lunggi Haling
4. Lasmi Yohanes Laiskodat
5. Sukron Muzammila
6. Yohanes Jai
7. Lut Tahir
8. Reinaldo Erik Tanguwali
9. Boby Abraham
10 Kristian Edon Mauawang
11. Leonardus Mite.

(BFT-Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*