Go International, SMKN 3 Denpasar Terapkan Sertifikat Berstandar Asean

Beritafajartimur.com (Denpasar-Bali)
Berlangsung di Ballroom Hotel Prama Sanur Beach Bali, SMK Negeri 3 Denpasar melepas 473 siswa dari empat kompetensi keahlian yaitu: perhotelan, tata boga, busana dan kecantikan.
“Untuk tahun ini kita melepas 473 siswa dari empat kompetensi keahlian perhotelan, boga, busana dan kecantikan. Kan pengumumannya masih belum turun, tapi kita sudah berani melepas. Kita bisa pastikan anak-anak bisa Jadi kelulusan sekarang kan persyaratannya sudah bisa ditebak karena track recordnya mereka sudah kita ketahui sehari-harinya,”terang Kepala Sekolah SMKN 3 Denpasar Drs. AA. Bagus Putra Wijaya, M. Pd., seusai acara inagurasi, Minggu (5/5/2019).

Saat ini lulusan SMKN 3 Denpasar mendapatkan 2 sertifikat yaitu sertifikat yang ditanda tangani oleh pihak industri yang sudah bekerjasama dengan sekolah SMKN 3 Denpasar dan sertifikat dari BNSP yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Denpasar.

Menurut AA. Bagus Putra Wijaya, selama mengenyam pendidikan, ilmu pengetahuan yang diserap oleh lulusan SMKN 3 Denpasar telah mampu untuk menjawab tantangan di bursa kerja, baik bekerja pada orang lain maupun bekerja secara mandiri. “Setiap semester, siswa sudah diberikan sertifikat sesuai dengan keahliannya. Sehingga saat tamat, mendapatkan 6 sertifikat. Hal itu membuktikan bahwa mereka telah siap untuk bekerja,”ungkapnya.

Kedepan, dikatakan Kepala SMKN 3 Denpasar, untuk meningkatan mutu siswa tentunya mereka perlu melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi agar mampu bersaing di era global yang semakin ketat, kini dan saat yang akan datang.

“Tadi saya sempat  tanya kepada salah satu siswa yang kami lepas sudah ada yang mau melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Ada juga yang siap kerja,” jelas AA. Bagus Wijaya Putra.

Sesuai data, setiap tahun rata-rata lulusan SMKN 3 Denpasar 40 persen sudah siap kerja terutama  jurusan Tata Busana dan Kecantikan karena mereka telah mampu hingga metode pembuatan Jas. “Khususnya untuk lulusan Tata Busana, anak-anak sudah mendapatkan pengetahuan hingga bisa membuat jas. Yang sangat sulit kan bikin jas. Kalau sudah bisa berarti baju yang lain pasti bisa. Mereka sudah bisa kerja mandiri, Apalagi modalnya tidak terlalu besar,”paparnya.

Sementara itu, kedepan, untuk dapat bersaing di era globalisasi terutama di kawasan Asean, mulai tahun ajaran baru 2019/2020 diterapkan sertifikat berlogo Asean. Artinya tamatan angkatan 2019/2020, lulusan SMKN 3 Denpasar mendapatkan sertifikat berlogo Asean, keren ya?

“Kami akan menuju ke Asean sehingga sertifikatnya berstandar Asean yang akan dimulai pada tahun depan”, ungkapnya.

Saat ini, diseluruh wilayah Indonesia ada 13 Sekolah Pariwisata yang jadi “pilot project” sekolah bersertifikat Asean. Satu diantaranya SMK Negeri 3 Denpasar.
Penerapan sertifikat berstandar Asean tersebut sebagai bukti SMKN 3 Denpasar “go international”. (Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*