Pater Servatius Subhaga, SVD Rayakan Pesta Emas Imamatnya

Beritafajartimur.com (Ubung, Denpasar) Hari Selasa 9 Juli 2019 Pater Drs. Servatius Subhaga, SVD merayakan pesta emas imamat. Mensyukuri peristiwa langka dan bersejarah tersebut, umat Paroki Santo Yoseph Denpasar menyelenggarakan berbagai kegiatan diawali dengan Jumpa Pers yang dihadiri puluhan awak media cetak, elektronik  dan online. Dilanjutkan Bedah Buku dan Salve Agung pada Senin 8 Juli 2019. Kemudian puncak perayaan tanggal 9 Juli 2019 diadakan misi khusus.

Pater Servatius Subhaga, SVD adalah imam pertama yang merupakan putra asli Bali di Keuskupan Denpasar. Ia lahir di Tuka Badung 23 Maret 1938 dari pasangan Hindu l Wayan Gulis dan Ni Made Rente. Waktu masih dalam kandungan diramalkan oleh “orang pintar‘ tak akan selamat. Atas usul salah seorang umat yang sudah dibaptis Katolik kepada orang tuanya, anak itu dibuang di perempatan Batulumbung lalu dipungut kemudian dibaptis menjadi Katolik dengan nama Servatius. Anak itu tumbuh sehat dan apa yang diramalkan orang pintar tidak menjadi kenyataan.

Mendengar Bisikan Tuhan

Tahun 1946 ia menjalani pendidikan di Sekolah Rakyat Untal-Untal dan ketika Sekolah Rakyat Tuka didirikan ia pindah saat kelas IV dan menyelesaikannya pada tahun 1951. Servas yang baru menyelesaikan pendidikan di SD rupanya mendengar bisikan panggilan hidup untuk memulai perjalanan berkarya di ladang anggur Tuhan. Tahun 1952 ia meninggalkan kampung Tuka Bali menuju Mataloko di Ngada Flores. Setahun kemudian ia kembali ke Tuka Bali karena Pater Nobert Shadeg telah mendirikan SMP Seminari Roh Kudus di Tangeb. Servas berhasil menyelesaikan Seminari Roh Kudus 1953 sampai 1955.

Rupanya bisikan Tuhan semakin mendesaknya. la pun melanjutkan pendidikan di SMA Seminari Mertoyudan Magelang Jawa Tengah. la menimba ilmu di sekolah milik Serikat Yesus itu selama enam tahun dari tahun 1955 sampai 1961. Mengapa enam tahun? Menurut Pater Servas, apabila siswa seminari bukan berasal dari Mertoyudan harus belajar di kelas persiapan selama dua tahun baru masuk SMA Seminari Mertoyudan.

Menimba Kekayaan di Ledalero

Setelah diterima sebagai calon novisiat Serikat Sabda Allah (SVD), Servas harus meninggalkan Bali untuk menimba kekayaan rohani maupun pengetahuan filsafat teologi di Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Maumere Flores. Tahun 1961 l-1963 ia menjalani novisiat SVD dan pada 15 Agustus 1968 bertepatan dengan Pesta Maria Diangkat ke Surga, Servas mengucapkan Kaul Pertama. Tanggal 15 Agustus 1968 ia mengucapkan kaul kekal juga di Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero Maumere Flores. Tahbisan diakon pun diterimanya di seminari yang sama.

Selama novisiat dan studi fllsafat Pater Servas seangkatan dengan Uskup Maumere Mgr. Kherubim Pareira,SVD. Uskup Kherubim yang ditemui di Maumere beberapa waktu Ialu membenarkan kalau ia seangkatan dengan Servatius I Nyoman Rongsong (red. nama kecil Subhaga). Kesan Mgr. Kherubim, Pater Servas waktu masih frater kalem dan berjiwa seni. Urusan pertamanan di seputar seminari pasti diserahkan kepadanya. “Sebagai orang Bali, Servas memang berjiwa seni. Ia suka bunga mawar”, ujar Uskup Kherubim.

Tercatat Sebagai Imam Sulung

Dalam sejarah gereja Keuskupan Denpasar Pater Servatius I Nyoman Rongsong ( Subhaga) adalah imam pertama yang berasal dari suku Bali asli dan imam pertama Keuskupan Denpasar yang waktu itu terdiri dari Bali dan  Lombok. Pulau Sumbawa baru bergabung pada tahun 1992. la ditahbiskan oleh Mgr. Dr. Paulus Sani KIeden, SVD di Gereja Katolik Roh Kudus Babakan pada 9 Juli 1969. Saat tahbisan, ia memilih motto “Seorang imam dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan dengan Allah, supaya mempersembahkan persembahan dan korban karena dosa” (Ibr 5:1).

Setelah ditahbiskan, atas saran seorang tokoh umat ia mengganti nama menjadi Servatius Subhaga sampai saat ini.

Sebagai imam muda, ia ditugaskan untuk karya pastoral paroki. Tahun 1970 sampai 1973 ia ditugaskan sebagai pastor pembantu di Paroki Hati Kudus Yesus Palasari. Pater Servas sangat berbakat di bidang katekese dan rupanya bakat itu dibaca oleh Mgr. Antonius Thijjsen,SVD, Uskup Denpasar yang menggantikan Mgr. Paulus Sani yang meninggal tahun 1970. la pun dikirim untuk studi Kateketik di Sekolah Tinggi Kateketik Pradnya Widya Yogyakarta tahun 1973 sampai 1976.

Sejak tahun 1976 Pater Servatius Subhaga, SVD berkarya sebagai Pastor Paroki Santo Yoseph Denpasar yang waktu itu wilayahnya mencakup sebagian besar Bali Timur antara Iain Kota Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Monang Maning, Gianyar, Klungkung, Bangli dan Karangasem. Saat ini telah berkembang menjadi Paroki Katedral, Paroki Fransiskus Xaverius Kuta, Paroki Monang Maning, Paroki Gianyar, Stasi Klungkung dan Stasi Amlapura. Tahun 2017 lalu Pater Serves dipercayakan sebagai Pastor Rekan dan bertempat tinggal di Gereja Yesus Gembala Yang Baik Ubung, Denpasar.

Di samping sebagai pastor paroki, Pater Servas juga mengemban tugas lain. Misalnya sebagai Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Denpasar. Ia juga dipercayakan sebagai Ketua Komisi Kateketik dan Komsos Keuskupan Denpasar. Pater Servas ikut terlibat dalam rencana pembangunan Gereja Katedral Roh Kudus Denpasar yang kini berdiri megah di Jalan Tukad Musi Denpasar.

lmamat Emas

Pada Selasa 9 Juli 2019 Pater Servatius Subhaga, SVD genap 50 tahun hidup sebagai imam. Umat paroki Santo Yoseph Denpasar tentu saja bersukacita atas peristiwa yang sangat berharga ini. Sebuah panitia telah dibentuk diketuai bapak Piet Puryatma. Panitia ini telah bekerja sejak delapan bulan lalu. Dalam kaitan dengan pesta emas Pater Servatius Subhaga, SVD., panitia menerbitkan tiga buku yakni “Jejak Langkah Paroki Santo Yoseph, Kenangan 50 Tahun Imamat Pater Servasius Subhaga dan Varia Foto dan Karya Pater Servas Subhaga.”

Pater Servas, sosok yang sederhana, pekerja ulet, pantang menyerah. la tak menyerah pada usia. la terus berkarya untuk mewariskan apa yang berharga bagi umatnya, khususnya di Paroki Santo Yoseph Denpasar. Dan bila pada 9 Juli 2019 saat ia merayakan imamat emas, itu adalah berkat khusus bagi Pater Servas dan bagi umat yang digembalakannya. Selamat pesta emas 50 tahun imamat Pater Servas. Tuhan kiranya memperpanjang usiamu agar karya kegembalaanmu tetap dinikmati umat Paroki Santo Yoseph. Amen”.

Editor: Donny Parera

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*