Presiden Jokowi: Saya Minta Masyarakat Papua Tidak Anarkis

Beritafajartimur.com (Purwerejo, Jateng)
Presiden RI Joko Widodo (biasa disapa Jokowi) mengungkapkan bahwa pihaknya terus memantau situasi dan kondisi terkini di tanah Papua. Hal tersebut dinyatakan Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan situasi terkini di Papua, di Alun-Alun Kabupaten Purworejo, Jln. W.R. Supratman, Cangkreplor, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Kamis (29/8/2029) malam ini.

“Saya terus mengikuti dan sudah mendapatkan laporan situasi terkini di Papua, khususnya yang terjadi di Jayapura. Saya meminta agar masyarakat tenang, tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkistis. Segala tindakan itu hanya membawa kerugian bagi kita semua. Fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama jadi rusak,”harap Presiden.

Lebih lanjut, terkait penanganan situasi yang terjadi di Papua, Presiden memerintahkan Menkopolhukam, Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelaku anarkis dan rasialis.

“Sejak tadi malam sebetulnya saya telah memerintahkan kepada Menkopolhukam, Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI, untuk segera mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkistis serta rasialis,”tegas Presiden.

Presiden menegaskan kembali komitmen Pemeritah Pusat untuk memajukan Papua melalui pembangunan fisik dan sumber daya manusianya sehingga lebih maju.

“Pemerintah akan terus berkomitmen untuk memajukan Papua, baik fisik maupun sumber daya manusianya, agar kita semuanya khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera,”pintanya.

Presiden mengajak ketua dan tokoh adat, tokoh agama, serta kaum muda Papua untuk mewujudkan tanah Papua yang maju dan damai.

“Marilah kita semuanya menjaga agar tanah Papua tetap menjadi sebuah wilayah yang damai, tetap menjadi tanah yang damai. Saya mengajak segenap ketua dan tokoh adat, tokoh agama, kaum muda Papua untuk senantiasa mewujudkan Papua yang maju.
Sekali lagi mari kita sama-sama menjaga tanah Papua sebagai tanah yang damai,”demikian Presiden.(BFT/Rifand)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*