Jero Balian Mangku I Wayan Sumawijaya Bantu Sembuhkan Berbagai Penyakit

Beritafajartimur.com (Badung, Bali) Istilah Dukun di Bali dikenal dengan sebutan Balian, tapakan atau jero mangku dasaran. Balian merupakan orang yang mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan penyakit seseorang. Dharma sesana Balian dapat disamakan dengan etika balian, sesana berarti tingkah laku, kewajiban. Sedangkan etika berati ilmu pengetahuan tentang asas moral. Dharma sesana yakni dasar kebaikan yang menjadi pedoman dalam kehidupan manusia, kewajiban yang harus dipenuhi selaku anggota masyarakat.

Jero Balian Mangku I Wayan Sumawijaya kepada media ini di kediamannya Banjar Sigaran, Desa Mekar Bhuana, Abiansemal Badung Bali ini mengatakan, manusia harus melakukan dharma sesana jika ingin kehidupannya mencapai kebahagiaan. Dia harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya baik dengan buana alit maupun dengan buana agung. Didalam setiap agama pedoman dharma sesana ini pasti ada karena ajaran yang baik selalu bersifat universal. “Manusia apapun pekerjaannya apalagi sebagai balian bila ingin hidup sejahtera harus berpijak pada patokan yang pasti yaitu dharma sesana,” jelasnya. 

Lebih lanjut Jero Balian Mangku I Wayan Sumawijaya menjelaskan, balian yang bekerja menghadapi manusia, memerlukan dharma sesana yang baku, yang dapat diikuti dan ditaati oleh semua balian sebagai pedoman dalam melaksanakan profesinya. Dharma sesana balian adalah semua rahasia dari orang yang sakit harus disimpan, tidak boleh disebarluaskan atau dibicarakan dengan orang lain. Hidup para balian harus suci dan bersih, terlepas dari sifat loba, sombong dan asusila. Didalam lontar tutur bhagawan siwa sempurna ditegaskan bahwa, seorang balian tidak boleh berlaku sombong, harus bertingkah laku yang baik sesuai dengan dharma, serta semua nafsu hendaknya ditahan di dalam hati.

Seorang balian tidak boleh was-was, ragu-ragu, apalagi malu-malu dalam hati harus teguh dan mantap serta penuh keyakinan pada apa yang dikerjakan. Tidak goyah terhadap segala hambatan, rintangan, gangguan dan godaan yang datang dari dalam diri sendiri, yang mengakibatkan gagalnya usaha yang sedang ditempuh. Tidak akan mundur sebelum berhasil mendapatkan apa yang sedang dihayati, apa yang diinginkan yaitu kesembuhan dari orang yang sakit. Seorang balian tidak boleh pamrih. Semua pengobatan berlangsung dengan tulus ikhlas tanpa pamrih. Sebab semua balian yang benar-benar balian di Bali tahu akan akibat dari kelobaan akan sesantun dan materi lainnya. Para balian harus tahu akan hak dan kewajibannya, rendah hati tidak sombong, membatasi diri terhadap apa yang dapat dilakukannya, menghormati kehidupan manusia, karena didalam raga sarira atau tubuh manusia, bersemayam Sang Hyang Atma, Sang Hyang Bayu Pramana karena beliau dapat mengutuk balian yang melanggar dharma sesana. “Dan bila terkutuk kesaktian atau kesidiannya dalam hal mengobati orang sakit dapat menurun dan luntur. Dan yang lebih parah lagi ia akan menerima kutuk dari Sang Hyang Budha Kecapi sehingga hidupnya akan menderita, termasuk anak cucunya. Ketahuilah adanya tata cara menjadi balian jangan disalahartikan atau disalahgunakan, memang sangat berbahaya menjadi balian,” tegas Jero Balian Mangku I Wayan Sumawijaya.

Barang siapa berkehendak menjadi balian sakti mawisesa, tidak dikalahkan oleh kesaktian mantra dapat menjalankan semua pengobatan, dapat mengobati segala penyakit dan tenung. Maka, hendaklah selalu astiti bhakti ring Ida Batara Tiga, khususnya ring Ida Batara Dalem, Desa dan Puseh. Sebagai jalan untuk memohon kesaktiannya, Ida I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan, yang merupakan pepatih bersama saudara-saudaranya yang lain. “Ida I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan adalah dewan balian sejagat, wajib dibuat pelinggih penyawangan biasa dalam bentuk kamar suci, dibuatkan daksina linggih, ditempatkan pada pelangkiran,” kata Jero Balian Mangku I Wayan Sumawijaya.

Balian Penengen adalah balian yang tujuannya mengobati orang yang sakit sehingga menjadi sembuh. Balian ini sering pula disebut Balian Ngardi Ayu atau dukun kebaikan. “Balian ini pada umumnya bersifat ramah, terbuka, penuh wibawa dan suka menolong. Siapapun akan ditolongnya tidak membedakan apakah dia orang baik atau orang jahat, orang yang miskin atau kaya semua dilayani sesuai dengan penyakit yang dideritanya,” urai Jero Balian Mangku I Wayan Sumawijaya.

Jero Balian Mangku I Wayan Sumawijaya biasa menolong orang sakit kena black magick atau kena penyakit akibat ilmu hitam, serta sering menolong orang menderita penyakit tumor, kanker, lever, bebai, usus kejepit, tumor getah bening, tumor kelenjar. Membantu orang sakit setiap hari Kliwon pukul 16.00 Wita di kediamannya Banjar Sigaran, Desa Mekar Bhuana, Abiansemal Badung Bali dari tahun 1964 silam. “Yang datang minta tolong bisa juga menghubungi via hp 085 858 741445 dan 081 237 796408. Intinya menolong orang yang sedang menderita sakit harus dengan tulus iklas, kita hidup di dunia ini harus saling membantu satu sama lain, hidup di dunia tidak bisa sendiri,” pungkasnya. (BFT-BAD/DWS)

(Jero Balian Mangku I Wayan Sumawijaya bersama Redaktur Khusus Berita Fajar Timur.com yang juga Pimpinan Redaksi Nuansa Dewata, Aji Wisnu Segara Putra)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*