Didukung Perusahaan Logistik Handal, Bisnis Griya Crystal Melaju Lancar

Beritafajartimur.com (Sanur, Denpasar)
I Gusti Ayu Eka Utarini memulai bisnis barang-barang bernilai keagamaan sejak tahun 2013 silam. Diawal-awal mulainya usaha rumahan ini penjualannya ‘door to door sales’ sebelum ada ijin dan buka toko Griya Crystal di Jalan Hang Tuah, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan.

“Kami memulai bisnis ini sejak tahun 2013. Waktu itu kami pasarkan produknya secara door to door. Namun sejak tahun 2015 lalu, setelah ada ijin resmi kami buka toko dan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dalam memasarkan produk ke seluruh pelosok nusantara dan luar negeri,”ujar Eka, sapaan akrab I Gusti Eka Utarini yang berprofesi sebagai bidan. Selain itu, ia juga staf dosen mata kuliah Kebidanan di Politeknik Kesehatan Denpasar dibawah naungan kantor Kementerian Kesehatan RI, saat ditemui, Rabu (18/9/2019).

Dengan memanfaatkan medsos, cerita Eka, kini usahanya semakin dikenal luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri seperti Australia, Inggris dan Turki.

Bermacam-macam produk yang dihasilkan seperti: pohon cystal, kalung, gelang, mala (sejenis tasbih) berbahan baku dari buah sudramala dan kayu cendana. Semuanya merupakan sarana suci yang umumnya dipakai umat Hindu. Ada pula leontin dan batu akik.

Menurut pengakuan Eka, membuat produk ini cukup rumit dan membutuhkan sedikit pelatihan yang diberikan langsung oleh Eka sendiri kepada tetangga dan orang-orang di desanya di Sanur.

“Dalam mengerjakan produk-produk ini, saya mengajak tetangga-tetangga di sekitar rumah. Saya latih cara membuatnya. Untungnya, mereka cepat menyerap ilmunya. Yang penting ada sentuhan estetikanya sehingga menarik bagi konsumen. Demikian pula kualitasnya harus tetap terjaga,”terang Eka yang lahir tahun 1982 ini.

Untuk bahan baku produk jenis Crystal ini didatangkan dari Jakarta dengan menggunakan jasa titipan JNE, baik lewat udara maupun angkutan darat.
“Nah untuk pengiriman bahan bakunya, kalau tidak berat, tentunya dikirimkan via ekspedisi udara melalui JNE. Sedangkan yang berat diangkut darat agar tidak berat di ongkosnya. Untuk pengiriman kepada konsumen di luar negeri biasanya kami gunakan EMS,”terangnya.

Kepercayaan terhadap jasa logistik dalam negeri menurut Eka karena pada umumnya barang-barang yang dikirimkan terjamin keamanannya hingga sampai ke tangan konsumen. “Selama kami kirimkan barang-barang dari Griya Crystal ini kecil sekali kemungkinan barang hilang, tertukar ataupun rusak. Karena petugas pengiriman dari JNE telah bekerja secara profesional. Selain itu, pengepakannya juga bagus dan rapih”tutupnya.
(Donny M.P. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*