Penuhi Janji, Nyoman Kandel Bagi Sembako dari Gaji Pertamanya

Beritafajartimur.com (Payangan, Gianyar) ||Pepatah kuno: ‘ Janji adalah utang’. Maka ketika utang konteksnya harus dilunasi. Janji juga mengandung makna kepercayaan. Karena itu, ketika seseorang berjanji, apalagi hal itu diucapkan oleh calon pemimpin, ada sebuah kepercayaan yang dipertaruhkan di dalamnya. Bila ditepati maka ia akan mendapat kepercayaan begitu juga sebaliknya, akan kehilangan kepercayaan apabila mengingkarinya. Dan tanpa adanya kepercayaan tidak akan mungkin seorang pemimpin mendapatkan dukungan dari masyarakatnya.

Demikianlah yang diyakini oleh I Nyoman Kandel, SH., anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Gianyar. Hal tersebut terungkap saat mantan pegawai Honda (Honor Daerah) ini menggelar kegiatan bakti sosial membagikan sembako kepada masyarakat Payangan yang membutuhkan, bertempat di Banjar Jaan, Buahan, Payangan-Gianyar, pada Minggu 13 Oktober 2019.

Nyoman Kandel merupakan anggota pendatang baru (newcomer) di DPRD Kabupaten Gianyar, dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Gianyar V, yakni Kecamatan Tegallalang dan Payangan, yang mendapatkan perolehan suara cukup fantastis (10.567 suara) sebagai seorang newcomer.

Kegiatan sosial dengan membagikan sembako yang ia lakukan itu sendiri merupakan salah satu janji politiknya kepada masyarakat Payangan saat Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April yang lalu. Saat itu ia berjanji bahwa apabila terpilih, maka gaji pertamanya sebagai anggota Dewan Gianyar akan ia sumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini adalah bakti sosial membagikan sembako kepada masyarakat Payangan. Yang mana ini adalah realisasi dari salah satu janji politik saya saat kampanye Pileg, pada 17 April yang lalu. Saat itu saya berjanji akan menyumbangkan gaji pertama saya kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela acara tersebut.

Ada sebanyak 75 warga Payangan dari empat Desa, yakni Buahan, Buahan Kaja, Kerta dan Puhu, yang mendapatkan bantuan sembako yang berupa beras, minyak, gula, dan barang kebutuhan rumah tangga lainnya. Data warga penerima sembako tersebut berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh tim dari Pengurus Ranting dan Anak Ranting PDIP Payangan.

Untuk itu, pada kesempatan tersebut ia juga mengapresiasi segenap Pengurus Ranting dan Anak Ranting PDIP yang telah melakukan pendataan dan memberikan perhatian yang baik kepada warga masyarakat Payangan yang benar-benar membutuhkan, sehingga sumbangan sembako yang didistribusikan (diberikan) benar-benar tepat sasaran.

Selain memberikan sumbangan sembako pada kesempatan yang baik tersebut, Nyoman Kandel juga maksimalkan untuk memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Ia menyampaikan bahwa rakyat adalah pemilik kuasa politik yang sesungguhnya, wakil rakyat yang mereka pilih adalah untuk memperjuangkan nasib keaejahteraan masyarakat banyak.

Oleh karena itu ia mengajak agar selalu menggunakan hak pilih dalam setiap kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Dan jangan sampai memilih hanya karena diberikan imbalan sejumlah uang semata, tapi mengorbankan kepentingan yang lebih besar dalam memilih pemimpin atau wakil harus mempertimbangkan kepentingan masyarakat yang lebih strategis.

“Proses politik itu adalah untuk memperjuangkan kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi. Maka saya mengajak agar berpolitik yang cerdas, pilih wakil yang benar-benar bisa memperjuangkan kepentingan masyarakat. Karena pilihan tersebut akan menentukan nasib 5 tahun ke depan,” ujarnya.

Selain itu ia juga mengajak agar semua masyarakat bersatu kembali untuk mendukungnya berjuang. Baik yang saat Pileg yang lalu tidak memilihnya sekalipun, ia mengajak untuk bersatu dan melupakan perbedaan pilihan yang ada sebelumnya, karena perbedaan pilihan di alam Demokrasi adalah sebuah keniscayaan yang harus saling dihormati.

“Kemarin berseberangan karena berbeda pilihan tidak masalah, tapi sekarang ayo kita bersatu kembali. Kita sama-sama berjuang untuk membangun mewujudkan Payangan yang lebih baik lagi, saya pun tidak akan membeda-bedakan, semua akan saya perjuangkan, tentunya dengan skala prioritasnya masing-masing,” tegasnya.

Selain perwakilan keluarga dari masyarakat penerima sumbangan sembako dari Desa Buahan, Buahan Kaja, Kerta dan Puhu, turut hadir juga pada kesempatan tersebut segenap prajuru dan segenap Pengurus Ranting dan Anak Ranting PDIP Payangan, serta turut hadir juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Buahan Kaja, Made Ariawan.

Made Ariawan mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Nyoman Kandel. Menurutnya ini sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat yang menerima bantuan tersebut. Dengan bantuan ini diharapkan anggota legislatif lain melakukan hal yang sama. Ia juga menjelaskan bahwa selain bantuan sembako ini tentunya ada hal-hal lain juga yang dilakukan untuk membantu masyarakat Payangan dan Desa Buahan khususnya.

Salah satu diantaranya yang telah diperjuangkan adalah pengadaan angkutan gratis bagi siswa-siswi di Payangan, yang sudah akan terealisasi pada akhir tahun ini. Menurut Made Ariawan ini juga merupakan salah satu upaya pengentasan kemiskinan secara berkelanjutan, karena dengan adanya angkutan ini warga akan sangat terbantu utamanya secara ekonomi.

“Orang tua selama ini kesulitan mengantar anak-anaknya ke sekolah, sementara pilihannya kalau tidak diantar adalah membiarkan anak membawa kendaraan sendiri, artinya harus membelikan kendaraan sepeda motor. Jelas ini menambah beban ekonomi, belum lagi masalah keselamatan di jalan dan tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi, red),” paparnya.

Made Ariawan optimis dengan fasilitasi dan perjuangan yang dilakukan Nyoman Kandel nantinya, khususnya Kecamatan Payangan dan Desa Buahan akan semakin berkembang lagi. Mengingat selama ini, baru kali ini Desa Buahan memiliki wakil dewan, dan terlebih, menurutnya Nyoman Kandel sangat aspiratif dan proaktif turun kebawah untuk menyerap aspirasi-aspirasi yang ada di masyarakat. (Adhy/don)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*