Operasi Zebra Agung 2019, Tekan Laka Lantas: Jadikan Bali Model Tertib Berlalu Lintas di Indonesia

Beritafajartimur.com (Denpasar, Bali)
Polri sesuai dengan kewilayahannya kembali menggelar Operasi Zebra Agung 2019 yang ditandai dengan upacara gelar pasukan yang akan dilaksanakan di Mako Polresta pada Rabu (23/10). Operasi ini akan berlangsung selama dua pekan dari tanggal 23 Oktober 2019 s.d. 5 November 2019.

Terkait Operasi Zebra Agung 2019, Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Denpasar, Kompol I Nyoman Gatra, SH, MH.,” Operasi Zebra Agung 2019 akan melibatkan 187 Personil Gabungan dari Polresta, TNI, Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Sat Pol PP dan Jasa Raharja,” terangnya, Selasa (22/10) di ruang kerjanya.

Dikatakan Nyoman Gatra, digelarnya Operasi Zebra Agung adalah untuk mengamankan perintah Kapolda Bali agar menjadikan Bali, khususnya Kota Denpasar sebagai model tertib lalu lintas.

“Adapun tujuan digelarnya Operasi Zebra Agung adalah untuk melakukan upaya tertib lalu lintas. Paling tidak dengan operasi ini nantinya mampu menekan angka kecelakaan yang terjadi di wilayah Kota Denpasar,” ucapnya.

Dijelaskan, ruas jalan yang akan dijadikan lokasi Operasi Zebra Agung 2019 yakni Jalan Gatot Subroto, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Mahendradatta sebagai jalan yang rawan laka lantas. Sedangkan Jalan Raya Sesetan, Jalan Diponegoro, Teuku Umar dan Jalan Gunung Salak merupakan kawasan ruas jalan rawan macet kendaraan.

Kemudian, pada pelaksaanaan Operasi Zebra Agung, Nyoman Gatra juga berharap agar dari Jasa Raharja bisa menyediakan tiga mobil ambulans yang akan ditempatkan di beberapa titik untuk nantinya bisa mengantisipasi kalau-kalau nantinya terjadi kecelakaan.

Nyoman Gatra juga mengatakan, digelarnya Operasi Zebra Agung ini juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama bagi para pengguna jalan agar setiap berpergian supaya bisa melengkapi surat-surat kendaraan.

“Masyarakat diharapkan saat bepergian agar membawaserta SIM dan STNK. Serta gunakan helm standar SNI dan saat berkendara agar lebih berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam memacu kendaraanya saat berpergian kemanapun, dengan maksud untuk menghindari terjadinya kecelakaan dalam berlalu lintas,” imbuhnya.

Ditambahkan, dengan digelarnya Operasi Zebra Agung ini diharapkan mampu meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi di Kota Denpasar untuk tahun 2019.

“Kami harapkan sekali peran serta masyarakat terutama pengguna jalan agar mematuhi aturan berlalu lintas. Juga patuhi rambu-rambu lalu lintas dan traffic light, serta tidak menggunakan handphone saat berkendara,”tutupnya.
(BFT/DPS/Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*