Trisno Nugroho: Capacity Building GenBI Asah Kecerdasan dan Optimalisasi Bakat Kepemimpinan

Beritafajartimur.com (Denpasar)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Trisno Nugroho, membuka secara resmi acara Capacity Building Generasi Baru Indonesia (CB Genbi) 2019 yang diikuti sekitar 150 Mahasiswa dari Universitas Udayana, Uninersitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Pendidikan Nasional, Jumat (1/11). Acara ini berlangsung dari tanggal 1-3 November 2019.

Selain Trisno Nugroho selaku keynote speaker, hadir pula para pembina GenBI dari Unud, Undiksha, dan Undiknas, serta pembawa materi “Membangun Mental Attitude untuk Sukses” I Dewa Kade Krisna Muku.

Dalam amanatnya Trisno Nugroho menyampaikan, “Pertama-tama, marilah kita Bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas karunia dan perkenan-Nya kita semua dapat berkumpul pada sore hari yang indah ini dalam keadaan sehat walafiat dan penuh kebahagiaan di Wisma Nangun Kerti.
Pada kesempatan yang baik ini, kita akan bersama-sama mengikuti pembukaan Capacity Building Generasi Baru Indonesia 2019.

Lanjut Trisno Nugroho, “Keberhasilan mempersiapkan sumber daya manusia menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Untuk itu, diperlukan pendidikan yang mampu menghasilkan putra putri bangsa yang berkarakter, cerdas, terampil, berdaya juang dan daya saing tinggi serta dilandasi dengan semangat kebangsaan yang kuat. Sesungguhnya, pembangunan manusia melalui pendidikan menentukan kekuatan serta daya saing bangsa,”ucapnya.

Hingga saat ini salah satu tantangan terbesar penyelenggaraan pendidikan di Indonesia adalah biaya pendidikan yang relative tinggi. Besarnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia, banyak membuat generasi muda yang berprestasi tidak mampu melanjutkan studi.

“Sebagai bentuk kepekaan dan perwujudan kepedulian akan kondisi tersebut, Bank Indonesia melalui Program Sosialnya berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia melalui program beasiswa,”paparnya.

Penyaluran program Beasiswa di KPwBI Provinsi Bali telah dimulai sejak tahun 2003. Saat ini pada tahun 2019, program beasiswa diberikan kepada 150 orang mahasiswa/i jenjang sarjana (S1) regular di dua Universitas Negeri yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha serta satu Universitas Swasta yaitu Universitas Pendidikan Nasional.

Bank Indonesia juga telah menyiapkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) sebagai wadah penerima beasiswa untuk mengasah berbagai macam kecerdasan, mengoptimalkan berbagai bakat dan potensi kepemimpinan. Salah satu wadah pembinaan itu adalah yang diikuti saat ini, yaitu Capacity Building GenBI 2019.

Dikatakan, “Selama dua hari ke depan, seluruh peserta akan dilatih kemampuan berbicara di depan umum melalui pelatihan public speaking, kemampuan menulis artikel melalui pelatihan menulis popular serta kemampuan berwirausaha melalui pelatihan kewirausahaan.”

Diakhir sambutannya, Trisno Nugroho mengutip kalimat dari mantan Presiden Indonesia, Ir. Soekarno, “Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Di hadapan saya saat ini ada sekitar 150 orang pemuda yang siap mengosongkan gelas mereka dan mengisinya dengan ilmu public speaking, menulis popular, kewirausahaan dan experiental learning (outbond).

Semoga kegiatan ini mampu mengakselerasi penguatan SDM GenBI Provinsi Bali yang berkompetensi tinggi, dan berkepribadian luhur, guna mencetak pemimpin-pemimpin bangsa di masa yang akan datang.(BFT/DPS/Donny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*