Seminar Kewirausahaan SMK Dwijendra: Sekda Badung Adi Arnawa: Menjadi Wirausahawan Harus Memiliki Kemauan, Kemampuan dan Keberanian

Beritafajartimur.com (Denpasar)
Menyambut Hari Ulang Tahun Yayasan Dwijendra ke-67 yang jatuh pada tanggal 28 Januari 2020 tahun ini, SMK Dwijendra Denpasar mengadakan Seminar Kewirausahaan, Jumat (17/1/2020) yang dilangsungkan di Aula lt. 3 perguruan setempat pada pukul 9.00 wita pagi.

Seminar Kewirausahaan dengan tema: “Menumbuhkan Jiwa Enterpreunership untuk Indonesia Maju di Era Industri 4.0” yang semula diagendakan akan tampil Bupati Badung Giri Prasta selaku keynote speaker, karena terhalang oleh padatnya acara Bupati yang terkenal “bares” dan berjiwa sosial tinggi ini, akhirnya digantikan Sekda Badung Adi Arnawa.

Adapun Peserta yang ikut adalah ratusan Siswa SMP se-Kota Denpasar dan Badung kelas IX.
Para Pembicara terdiri dari: Sekda Badung Adi Arnawa, SH, Puja Astawa, dan Ni Luh Djelantik. 
Tampak hadir Kepala SMK Dwijendra Ida Bagus Dwi Oka Putra, S.Si.,M.I. Kom., sebagai Host, Ketua Badan Pembina Yayasan Dwijendra Ida Bagus Erwin Ranawijaya, Ketua Yayasan Dwijendra Dr. I Ketut Wirawan, SH, M. Hum, Kepala SMA Dwijendra Drs. I Made Oka Antara, Kepala Sekolah SMP Dwijendra Dra. Ni Wayan Nadi Supartini dan sejumlah kepala sekolah serta undangan lainnya.

Niluh Djelantik dalam sekapur sirihnya mengingatkan para siswa agar memiliki etika yang baik dan selalu disiplin.
“Kedisiplinan tidak bisa dimulai besok tapi dimulai dari sekarang. Hal ini penting karena anak-anak masih muda sehingga apa yang kalian lakukan sekarang sangat menentukan masa depan kalian. Jika ingin kalian sukses ya harus disiplin. Anak-anak juga saya minta agar dengarkan nasehat dan didikan orang tua kalian. Apabila mereka minta supaya anak-anak ikuti. Jika mereka minta agar anak-anak harus tidur lebih awal, kalian ikuti,”nasehatnya kepada siswa peserta seminar seraya mengatakan,”setuju anak-anak,” yang dijawab serempak…setujuuuu!!!

Usai Ni Luh Djelantik, Sekda Badung Adi Arnawa selaku “keynote speaker” mewakili Bupati Nyoman Giri Prasta dalam paparannya menekankan pentingnya rasa optimisme dalam hidup seseorang. Sebaliknya kalau pesimis ya pasti akan akan menuai kegagalan.

Sebagai birokrat sejati, Adi Arnawa menjelaskan bahwa masa pemerintahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah mencanangkan akan mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam segala bidang sehingga bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa lain di dunia yang lebih dulu maju.

“Dalam periode kedua pemerintahannya, Presiden Joko Widodo mencanangkan SDM unggul. Karena itu kita siapkan generasi muda seperti adik-adik agar menjadi manusia-manusia unggulan. Untuk menjadi manusia unggulan kita tidak boleh lagi bermalas-malasan. Harus belajar dengan tekun dan rajin sehingga selalu menjadi yang terbaik di sekolah adik-adik. Untuk menjadi unggul juga dibutuhkan kepiawaian dalam berkomunikasi dengan menguasai bahasa Indonesia dengan baik. Lebih baik lagi kalau menguasai salah satu bahasa asing seperti bahasa Inggris,”jelasnya, Jumat (17/1/2020)

Sesuai dengan tema seminar dikatakan Adi Arnawa, “maka generasi muda dituntut untuk menyikapi perkembangan teknologi yang terus berkembang ke arah revolusi industri 4.0. Karena tidaklah cukup hanya sekedar tahu apa itu era industri 4.0, akan tetapi menjadi pelaku dalam mendirikan startup-startup baru sehingga bukan hanya menuangkan ide tetapi menjadi eksekutor. Dan sebagai eksekutor haruslah memiliki keberanian untuk mengeksekusi persoalan yang dihadapi,”terangnya.

Dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan harus memiliki keberanian. Sebab, tanpa keberanian pasti gagal. Demikian pun menjadi enterpreneur yang sukses harus pula dibarengi dengan kerja keras untuk mencapainya. Dengan potensi yang dimiliki generasi unggul pasti bisa menciptakan startup-startup baru yang akan membawa bangsa dan negara kita menjadi maju, makmur dan sejahtera. Untuk menjadi seperti itu dibutuhkan seseorang yang memiliki kemauan, kemampuan dan keberanian untuk memulainya meski dimulai dari usaha startup kecil-kecilan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Dwijendra Dr. I Ketut Wirawan, SH.,M.Hum., mengatakan,” dalam menyongsong hari ulang tahun Yayasan Dwijendra setiap unit masing-masing mengisi dengan kegiatan positif baik akademik maupun non akademik. Nah hari ini SMK Dwijendra melaksanakan seminar untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dikalangan siswa dengan mendatangkan peserta siswa SMP dari Kota Denpasar dan Badung. Tentu selain anak-anak mendengarkan paparan langsung dari orang-orang sukses di bidangnya masing-masing seperti bapak Sekda Badung Adi Arnawa, ibu Niluh Djelantik, dan pak Puja Astawa, mereka juga mengenal lebih dekat dengan sekolah-sekolah yang ada di Yayasan Dwijendra, khususnya SMK Dwijendra,”papar Wirawan.

Tak hanya itu, menurut Wirawan, selama kepemimpinannya di Dwijendra diupayakan menghasilkan output unggulan yang nantinya menjadi enterpreuner yang sukses di masyarakat.

“Kita memulainya dengan hal-hal kecil seperti membuat canang untuk dijual di kalangan siswa sendiri. Dengan demikian tidak perlu lagi beli di luar. Dari sinilah kita melatih jiwa kewirausahaan mereka,”demikian Wirawan.
(BFT/DPS/Donny MP. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*