Wisuda Sarjana ke-62, Unwar Mewisuda 217 Sarjana Baru

Beritafajartimur.com (Denpasar, Bali) Berlangsung di kampus setempat, hari ini, Jumat (31/1/2020), Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar upacara Wisuda Sarjana ke-62 Periode I Tahun 2020. Sebanyak 217 orang  wisudawan yang berasal dari Fakultas Hukum sebanyak 27 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 10 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 143 orang, Fakultas Sastra 11 orang, Fakultas Pertanian 17 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 6 orang, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 3 orang diinagurasi dalam sidang terbuka Senat yang dipimpin langsung oleh Rektor Unwar Prof dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.Park.

Menariknya, dari jumlah ini sebanyak 93,09% wisudawan meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas 3.00, lulus tepat waktu 76,04%, serta menyelesaikan tugas akhir kurang dari 6 bulan sebanyak 63,5%. Dengan demikian, jumlah alumnus Unwar secara keseluruhan hingga wisuda ke-62 menembus angka 31. 546 orang.

“Catatan-catatan penting ini menggambarkan bagaimana kualitas output kami pada wisuda di awal tahun 2020 ini. Dari segi IPK sudah sangat baik, hanya prosentase lulus tepat waktu perlu digenjot lagi,”ujar Rektor Unwar, Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, yang didampingi para wakil rektor dan Kepala BAPPSIK Unwar.

Rektor Prof. Widjana berpesan kepada wisudawan agar tetap memberi kontribusi bagi almamater. Dengan demikian, Unwar senantiasa menjadi lembaga pendidikan tinggi yang tetap diminati dan dipercaya oleh masyarakat. Selain itu, momentum wisuda bukanlah akhir dari perjuangan wisudawan, melainkan perjuangan awal untuk meraih kesuksesan yang dicita-citakan.

“Momentum wisuda bukanlah akhir dari suatu perjuangan, melainkan harus dimaknai sebagai awal untuk merintis keberhasilan sesuai yang saudara-saudara dambakan selama ini,”harap Widjana.

Persaingan antar perguruan tinggi semakin ketat. Menyikapi persaingan yang kian kompleks dan kompetitif, menurut Prof. Widjana, pihaknya secara terus menerus dan berkelanjutan berbenah diri, sehingga kepercayaan masyarakat dari tahun ke tahun terhadap lembaga pendidikan yang dipimpinnya semakin meningkat pula.

Sejalan dengan itu, revitalisasi dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari pembenahan infrastruktur, sarana dan prasarana. Pembenahan SDM, baik di internal maupun eksternal dengan membuka jaringan dengan berbagai pihak. Upaya yang dilakukan mulai dari penerimaan mahasiswa baru dengan menerapkan layanan sistem on-line secara penuh, sehingga memudahkan calon mahasiswa baru dan tidak terhalang oleh waktu dan demografi. Dengan penerapan sistem ini mahasiswa hanya datang pada saat pelaksanaan testing penerimaan mahasiswa baru (penmaru) dengan petunjuk yang jelas baik untuk tempat duduk maupun ruangan ujian bagi calon mahasiswa.

Kemudian, terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) tahun akademik 2019/2020 telah berjalan dengan baik dengan jumlah yang teregistrasi sebanyak 3.388 orang. Dengan masuknya mahasiswa baru tahun ini, maka jumlah mahasiswa yang aktif di Unwar sebanyak 11.957 orang. Selain itu, pada tahun 2019 Unwar juga menerima mahasiswa asing sebanyak 60 orang untuk angkatan ke-6 yang mulai kuliah pada tanggal 1 September 2019 dan telah dilepas pada tanggal 20 Desember 2019 yang lalu. “Selanjutnya untuk angkatan yang ke-7 akan mulai kuliah pada tanggal 1 April 2020 dan mereka akan belajar selama 4 bulan. Ini membuktikan sebagai langkah awal Universitas Warmadewa ingin mencapai visi untuk go global pada tahun 2034,” ungkap rektor yang juga dokter spesialis parasitologi ini.

Guna meningkatkan kompetensi lulusannya, Unwar telah menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi sejak tahun 2016, dengan berbagai istrumen input sebagai pendukung utama, seperti perpustakaan yang berbasis E-Library, E-Repository dan penerapan pembelajaran yang berbasis E-Learning. E-Learning yang diimplementasikan berbasis model kombinasi dengan sumber belajar/ penerbit E-Wiley yang bisa diakses oleh dosen, mahasiswa dan setiap saat E- book yang ada pada sistem diperbarui.

Melalui penerapan E-Learning diharapkan akan meningkatkan akses belajar mahasiswa, karena bisa mengikuti pembelajaran dari manapun dan kapanpun tanpa terhalang oleh waktu. Dan hal ini sangat membantu bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Hal ini telah didukung oleh 225 dosen yang sudah menggunakan sistem pembelajaran E-Learning. Sementara peningkatan mahasiswa menggunakan e-learning dari 16,29 % menjadi 55.78%. Selain itu, dalam meningkatkan mutu pembelajaran instrument penunjang pembelajaran terus ditingkatkan seperti fasilitas laboratorium dan akan diupayakan untuk terakreditasi supaya bisa menjadi sumber income generating.

Dalam penguatan bidang kelembagaan telah turun ijin operasional vokasi sebanyak 2 program studi, yaitu Sarjana Terapan (D4), Akutansi Perpajakan dan D3 Sistem Informasi Akutansi. Program Vokasi ini dirancang sedemikian rupa, sehingga capaian lulusannya siap kerja dan sangat dibutuhkan oleh dunia usaha skala kecil sampai skala besar.

Upacara wisuda dihadiri oleh Ketua Yayasan Korpri Provinsi Bali Dr. AA. Oka Wisnumurthi, Kepala LLDikti Prof Dr I Nengah Dasi Astawa., Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., Wakil Rektor II Ni Putu Partamawati, SE, MM., Wakil Rektor III Dr. Ir. Wayan Parwatan, MT, IPM. (BFT/DPS/Dmp)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*