Mahasiswa Unwar Asal Manggarai Promosikan Almamaternya di Sejumlah Sekolah di Mabar & Manggarai

Beritafajartimur.com (Manggarai) Kuantitas mahasiswa merupakan salah satu barometer untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah perguruan tinggi. Kendati demikian, tidak diherankan jika setiap perguruan tinggi khususnya swasta, setiap tahunnya berlomba-lomba untuk memperoleh simpati dan atensi dari seluruh siswa-siswi di pelosok tanah air yang sebentar lagi kian meninggalkan bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Berbagai macam cara pun dilakukan oleh perguruan-perguruan tinggi tersebut, agar mendapatkan calon mahasiswa sebanyak-banyaknya demi kemajuan yang akan diraih dan dicapai.

Universitas Warmadewa misalnya, perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali ini tampak begitu menjelma menjadi sebuah pesaing serius bagi perguruan tinggi lainnya.

Bagaimana tidak, Universitas Warmadewa yang saat ini berada di urutan ke-63 dari 4.500 perguruan tinggi yang ada di Indonesia ini, kini kembali berniat untuk merebut hati para calon mahasiswa, tak terkecuali yang berada di wilayah Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Informasi yang dihimpun media ini sejak Senin (03/02/2020) sampai Sabtu (15/02/2020) mahasiswa asal Manggarai yang saat ini tengah menempuh pendidikannya di Universitas Warmadewa Bali tampak mengunjungi beberapa sekolah yang letaknya di Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai Tengah.

Untuk diketahui kegiatan sosialisasi ini dimulai di SMAK St. Familia Wae Nakeng Kec. Lembor Kab. Manggrai Barat sebagai sekolah pertama untuk melakukan sosialisasi dan ditutup di SMAK St. Gregorius Reo, Sabtu (14/02/2020) pagi.

Ada pun mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini mahasiswa adalah Gregorius Setiawan dari Fakultas Hukum Universitas Warmadewa sebagai koordinator, Febriano Kabur dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Lusi Iba dari Fakultas Ekonomi, serta Aloysius Waru dan Andrianus Garung dari Fakultas Pertanian, Kornelis Diarto Fakultas Teknik Sipil.

“Kami diutus dari pihak kampus untuk memperkenalkan perguruan tinggi Swasta Unwar di Manggarai melalui pemasangan pamfled, pembagian brosur dan juga melakukan tatap muka dengan siswa-siswi di SMA maupun SMK di beberapa sekolah yang ada di Manggarai Barat dan Manggarai,” ujar Gregorius Setiawan.

Ia pun mengucapkan,” terima kasih kepada pihak sekolah yang telah menerima kehadiran mereka dan juga pihak kampus Unwar yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan sosialisasi di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat itu. Dan juga kepada seluruh teman-teman yang ikut ambil bagian dari kegiata ini,” ungkap Wawan yang juga sebagai sekertaris dari Perhimpunan Mahasiswa NTT Warmadewa.

Sementara Vio Darman, siswa kelas 3 di SMA 2 Langke Rembong pada kesempatan tersebut menuturkan, dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pembagian brosur Universitas Warmadewa di sekolahnya, Ia bersama teman-temannya memperoleh informasi mengenai perguruan tinggi tersebut, serta lebih mengenal beberapa fakultas yang ada di Unwar.

“Karena kami ini pemula Ka’e (Kakak) jadi dengan adanya sosialisasi dan pembagian brosur seperti ini bisa membuat kami memilih kampus mana yang tepat buat kami nantinya untukuntu melanjutkan pendidikan. Sebelumnya juga kami dilema dengan banyaknya perguruan tinggi dan juga fakultas yang ada. Tapi dengan adanya kunjungan dari beberapa Universitas dari luar yang datang ke kami punya sekolah, sudah bisa buat kami memilih yang pas, tentunya mengenai kualitas kampus,” ungkap Siswa jurusan IPS SMA 2 Langke Rembong itu.

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor 3 Universitas Warmadewa, I Wayan Perwata mengaku bangga terhadap ke-5 orang mahasiswa yang telah mengambil bagian dalam mengadakan promosi kampus Unwar di beberapa sekolah yang ada di Ruteng Kabupaten Manggarai itu.

Menurut Perwata, kegiatan yang dikoordinatori oleh Wawan Setiawan bersama 4 rekannya ini merupakan bentuk ketulusan mereka dalam rangka meningkatkan kualitas terhadap civitas akademika di perguruan tinggi Unwar.

“Kalau mahasiswa yang tergerak hatinya untuk melakukan kegiatan promosi, kami sangat percaya. Dan nanti akan kita buktikan di bulan september 2020 akan kinerja mereka (Wawan dkk – red),” ungkap Wakil Rektor 3 itu saat dihubungi media ini melalui via WatsApp (WA).

Ia mengatakan, kegiatan promosi yang dilaksanakan tersebut nantinya akan terlihat terhadap inpact dari total keseluruhan calon mahasiswa asal Manggarai, NTT yang terdaftar di perguruan tinggi Unwar.

“Kalau terjadi peningkatan, maka artinya promosi yang mereka lakukan telah berhasil. Itu bisa kita hitung. Dan kedepannya akan kita lakukan lagi hal yang sama. Saya kira peran mahasiswa sangat penting dalam promosi, karena mereka telah melaksanakan proses pendidikan secara langsung di Unwar,” jelas Perwata.

“Tahun ini kita fokus promosi di NTT dan Timor Leste hingga Papua,” tutup Perwata.

Adapun SMA/SMK yang dikunjungi juga Pemasangan Panfled yaitu:
1.SMAKN 1 KUWUS
2.SMAN 1 LEMBOR
3.SMAS ST. FAMILIA LEMBOR
4.SMAS BINAKUSUMA RUTENG
5.SMK BINAKUSUMA RUTENG
6.SMAK ST. TOMAS AQUINAS FRANSISKUS
7.SMAS WIDYA BHAKTI RUTENG
8.SMAN 1 LANGKE REMBONG
9.SMAN 2 LANGKE REMBONG
10.SMAK INFORMATIKA ST. PETRUS RUTENG
11.SMK SWAKARSA
12.SMAK SETIA BAKTI
13.SMAK ST. FRANSISKUS RUTENG
14.SMAN 5 POCO RANAKA
15.SMAN 1 REOK
16.SMAS ST. MARKUS PATENG
17.SMAN 1 CIBAL
18.SMK SADAR WISATA RUTENG.
19.SMAK ST. GREGORIUS REOK
20.SMAN 1 KUWUS.(BFT/LBJ/AS/Editor: Donny MP. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*