Walikota Rai Mantra Ajak Masyarakat Kota Denpasar Gunakan QRIS

BERITAFAJARTIMUR.COM (DENPASAR)
Sosialisasi QRIS bertema Sosialisasi Kebijakan Sistem Pembayaran QRIS dan Lembaga Keuangan Mikro dengan menghadirkan Ibu Filianingsih Hendarta, Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, hari ini, Kamis (27/2/2020) berlangsung di Gedung Dharma Negara Aloy. Acara ini diawali Tari Sekar Jagat yang merupakan tari maskot kebanggaan Kota Denpasar yang pada hari ini merayakan Hut-nya yang ke 232. Sosialisasi Belanja Mudah dengan QRIS, dihadiri Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, SE., Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, SH., Sekretaris Kota Denpasar AA.Rai Iswara, Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya yang juga tampil sebagai keynote speaker, dan para pejabat dari Provinsi Bali dan Kota Denpasar serta semua ASN di lingkup Kota Denpasar.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho
dalam sambutannya tidak lupa mengucapkan selamat Ulang Tahun Kota Denpasar yang ke-232 tahun, semoga Kota Denpasar selalu menjadi kota inspiratif dan menarik bagi para wisatawan.

Kehadiran ASN di lingkup Kota Denpasar yang dipimpin langsung oleh Walikota Denpasar Rai Mantra dalam acara sosialisasi penggunaan QRIS sebagaimana diungkapkan Trisno Nugroho bahwa pihaknya berkolaborasi Pemkot Denpasar berupaya untuk mendorong masyarakat menggunakan sistem pembayaran QRIS.

Maka, sebagai langkah lebih lanjut kolaborasi BI bersama Pemkot Denpasar yaitu melakukan sosialisasi dan edukasi QRIS melalui kegiatan “QRIS Week”, dimana kegiatan ini dimulai dari Denpasar, kemudian setelah di Denpasar Trisno Nugroho juga akan meng-QRIS-kan Kabupaten Badung dan Buleleng dan daerah-daerah lainnya.

Dalam kesempatan ini, Trisno Nugroho melaporkan, sejak diluncurkannya sistem pembayaran QRIS, jumlah Merchant yang sudah di-QRIS-kan di Bali sudah mencapai 60.000. Dimana, Bali sudah menduduki posisi nomor 9 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Menurutnya ini sudah pencapaian yang sangat bagus secara nasional, tetapi Trisno menyebutkan Bali hanya kalahnya dengan Jawa karena di Jawa sendiri selain penduduknya banyak juga ada UMKM-nya banyak.

“Saya mengharapkan Bali minimal bisa berada di posisi setelah jawa dan bisa mengalahkan Sumatra Selatan,Sumatra Utara dan Makassar,” ungkapnya.

Upaya yang dilakukan BI agar masyarakat bisa mengetahui QRIS ini adalah mewajibkan seluruh UMKM yang ada acara di Bali menggunakan sistem pembayaran QRIS dan mensosialisasikan melalui PJSP yang ada di Bali. “seluruh UMKM yang ada acara di Bali diwajibkan untuk menggunakan QRIS. Kemudian diikuti perguruan tinggi juga diwajibkan untuk mengenal QRIS. Demikian juga ASN yang ada di Kota Denpasar,” ucapnya.

Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra, SE., yang tampil sebagai salah satu pembicara di Sosialisasi QRIS ini mengatakan bahwa Pemkot Denpasar telah sejak lama mencanangkan e-goverment dan telah menjalankan penerapan transaksi non tunai di Kota Denpasar.

“Tentu saja dengan penggunaan QRIS di tengah tengah masyarakat akan lebih mudah terdata dan menjamin keamanan bertransaksi sehingga lebih safety,” ucap Rai Mantra.

Ia kemudian mengajak masyarakat Kota Denpasar, khususnya merchant di kelompok usaha mikro menggunakan transaksi QRIS yang merupakan produk Indonesia asli.

“Dengan menggunakan QRIS dalam berbagai transaksi, selain sebagai upaya mencintai produk Indonesia, juga dari segi safety bertransaksi dapat menghindari niat-niat seseorang yang membayar dengan menggunakan uang palsu dan tindak kriminal lainnya,”tutup Rai Mantra.(BFT/DPS/Donny Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*