Sebagai Gugus Tugas Daerah, Kodam IX/Udayana Terima 5000 APD

Beritafajartimur.com (Badung)
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., bersama Wakil Gubernur Bali, Danrem 163/WSA, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Para Asisten Kasdam IX/Udy dan Para Dan/Kabalakdam IX/Udy serta Kepala Diskes Prov. Bali, menerima langsung penyerahan bantuan Alat Kesehatan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, pada Senin (23/3/2020).

Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) tersebut diberangkatkan dari Husein Sastranegara Bandung dengan Pesawat Boeing 737-400 TNI AU No. Reg A-7308 dengan Capt. Pilot Mayor Pnb Hakim diterima oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan penyebarannya di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, pesawat beserta kabinnya dilakukan penyemprotan cairan disinfektan oleh Satgas Penanggulangan Covid-19 dari Yonzipur 18/YKR serta pemeriksaan suhu tubuh crew pesawat dengan Therma Gun. Setelah itu, APD diturunkan dari dalam bagasi pesawat guna dipindahkan ke dalam truk milik BPBD Prov. Bali dan Kodam IX/Udayana untuk selanjutnya menuju Posko Satgas Penanggulangan Covid-19 di Kantor BPBD Provinsi Bali.

Adapun jumlah Alat Pelindung Diri (APD) yang diterima sebanyak 100 box dengan isi masing-masing box ada 50 buah/pcs sehingga total seluruhnya ada 5.000 buah/pcs, untuk selanjutnya akan didistribusikan sesuai skala prioritas untuk di wilayah Bali, NTB dan NTT.

Pada kesempatan tersebut, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menjelaskan bahwa TNI bersama Polri dan instansi terkait lainnya secara sinergi dan berkelanjutan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan berkeliling wilayah untuk memberikan pemahaman terkait pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Gugus Tugas Daerah di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, dalam hal ini Kodam IX/Udayana bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya sangatlah memerlukan langkah-langkah yang cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergis dalam rangka percepatan penanganan Covid-19,” ungkap Kapendam.

Langkah-langkah tersebut, lanjut Kapendam, diharapkan dapat diketahui dan mudah dipahami oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan agar selalu waspada terkait penyebaran Covid-19. (BFT/DPS/Pendam IX/Udy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*