Kodim Tabanan Gelar Donor Darah Bantu Persediaan Darah PMI

Beritafajartimur.com (Tabanan-Bali)
Di tengah mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) persediaan darah Palang Merah Indonesia di wilayah Tabanan mulai menipis, untuk itu atas prakarsa Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto menggelar kegiatan donor darah, Jumat (03/04/2020) bertempat di Makodim 1619/Tabanan Jalan Katamso No 2 Tabanan.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Tabanan dengan melibatkan sekitar 45 orang Personel Kodim 1619/Tabanan beserta jajaran dengan mekanisme pelaksanaan secara bergantian memperhatikan jarak sosial (Social Distancing) dan juga sudah sesuai dengan prosedur kesehatan yang ada.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengatakan kegiatan ini murni kita laksanakan untuk membantu PMI Tabanan menyediakan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan, karena di tengah wabah Covid 19 ini stok darah sudah menipis.

“Banyak yang membutuhkan, sedangkan darah yang masuk ke PMI sangat terbatas akhir-akhir ini”, terang Dandim.

Menurutnya bila nanti situasi memungkinkan kita laksanakan lagi secara berkala sesuai kemampuan kita dan pengerahan personel yang juga terbatas.

“Mudah-mudahan dengan adanya donor darah yang kita laksanakan ini dapat membantu ketersediaan darah di PMI Tabanan untuk masyarakat”, tambahnya.

Sedangkan pihak PMI yang dipimpin oleh Dokter Komang Ayu Wulandari dengan personel 5 orang tersebut menerangkan bahwa pengambilan darah pendonor ini dilakukan beberapa tahap yakni pengecekan tensi darah, kesehatan suhu tubuh dan juga HB darah.

Dari 45 orang personel yang mendaftar didapatkan 26 kantong darah yang bisa diambil dengan rincian golongan darah A sebanyak 6 kantong, golongan darah AB sebanyak 3 Kantong, golongan darah B sebanyak 7 kantong dan golongan darah O sebanyak 10 kantong.(BFT/TAB/Penrem)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*