Wakil Bupati Klungkung Apresiasi Donor Darah Kodim Klungkung

Beritafajartimur.com (Semarapura-Bali)
Dalam rangka mengantisipasi persediaan stock darah di wilayah Kabupaten Klungkung, Kodim 1610/Klungkung bekerja sama dengan PMI Kabupaten Klungkung melaksanakan kegiatan donor darah, Jumat (03/04/2020) bertempat di Makodim 1610/Klungkung Jalan Ahmad Yani No. 02 Kelurahan Semarapura Kaja Klungkung.

Kegiatan donor darah yang melibatkan sejumlah 40 orang peserta tersebut juga mendapat perhatian langsung dari orang nomor dua di Kabupaten Klungkung yaitu Wakil Bupati I Made Kasta.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kodim 1610/Klungkung atas terselenggaranya kegiatan donor darah ini.

“Saya ucapkan terima kasih khususnya kepada para pendonor yang telah hadir dan berpartisipasi untuk menyumbangkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan”, ungkap Wakil Bupati.

Sementara itu Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon yang diwakili Kasdim Mayor Inf Hari Sulasto menyampaikan donor darah Kodim 1610/Klungkung diharapkan bisa membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

“Manfaat donor darah ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini terjadi karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang sehingga sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan sel darah merah yang hilang”, sebutnya.

Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpacu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar.

Melalui sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk Virus Corona atau Covid 19 yang sedang mewabah sekarang ini.

Adapun hasil Donor Darah yang diperoleh yaitu golongan darah AB sebanyak 1 kantong, golongan darah B sebanyak 8 kantong, golongan darah A sebanyak 6 kantong dan golongan darah O sebanyak 7 kantong, dengan jumlah perolehan keseluruhan 22 kantong.(BFT/SEM/Penrem)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*