Jerry Massie: WNI Pulang Harusnya Difasilitasi, Mereka Anak Negeri Pemberi Devisa Negara

Beritafajartimur.com (Jakarta)
Kebijakan Pemerintah Malaysia terkait wabah Virus Corona yang akan memulangkan sebanyak 505000 TKI menjadikan Menteri Koordinator Bidang Maritim & Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, resah.

Hal tersebut memantik reaksi keras dari Direktur Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie dalam rilisnya kepada media beritafajartimur.com, Selasa malam (28/4/2020).

“Jangan kita hanya butuh tenaga mereka tapi perhatian tidak ada. Sebuah keanehan jika Luhut resah dan gelisah.
Faktor apa? Saya lihat kurangnya kecintaan pada negeri ini hingga membuat dia (Luhut, red) resah. Memang Malaysia memulangkan mereka lantaran ada faktor X yakni Covid-19,” jelasnya.

Jadi what is the reason (= apa alasannya)? Mengapa ribuan TKA China masuk Indonesia Luhut tak pernah mengatakan resah. Saya pertanyakan nasionalisme Luhut. Kalau dia mencintai anak bangsa kenapa harus berpikiran seperti itu?,” tanyanya, heran.

Kata Jerry pula,” daripada keselamatan TKI Indonesia di Malaysia terancam lebih baik balik kembali ke Indonesia. Negara dalam hal ini Deplu dan Kemenaker harus menfasilitasinya.
Apalagi penjelasan Umum UU No. 18 Tahun 2017 Tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. Kemudian Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjamin setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak.”

Ia heran lantaran Presiden Jokowi saja tidak resah, justru Luhut lah yang resah. Karena menurut Jerry, Negara wajib menjamin keamanan keselamatan TKI sebagai sumber devisa negara ini. Jangan ditelantarkan.

“Jadi saya sarankan Luhut tak perlu resah. Yang diresahkan jika negeri ini dikuasai TKA asing asal Cina.
Justru kalau saya resah jika TKA asal China semakin menggurita di Indonesia dan para buruh kita termarjinalkan,” ungkapnya.

Indikator Nasionalisme mulai tawar dalam diri Luhut yang mementingkan TKA asing dari warga Indonesia sendiri maka nampak pejabat tersebut kehilangan semangat NKRI.

“Saya bingung, ini presiden saja hanya tenang malahan LBP yang terlihat galau dan gamang. Kecintaan kepada rakyat kita kurang dan lebih condong ke asing. Padahal rakyat kita yang seharusnya didahulukan, bukan nomor dua atau kasta kedua,” sesalnya.

Jerry Massie mengharapkan agar pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk pemulangan TKI tersebut dan jangan banyak pertimbangan. Sebab kata dia,” mereka bisa kelaparan di Malaysia lantaran logistik sudah menipis. Dan jika terjadi hal seperti ini apakah LBP siap bertanggung-jawab?,” tutupnya.
(BFT/JAK/Editor: Donny MP. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*