Kunjungi FKIK Unwar, Walikota Rai Mantra: Lab Swab Sangat Dibutuhkan dalam Penanganan Covid-19

Beritafajartimur.com (Denpasar)
Didampingi Sekkot AA. Ngurah Rai Iswara, Kadiskes Putu Armini, Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai, pagi ini, Rabu (13/5/2020), sekitar pukul 9.30 wita, Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra mengunjungi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Warmadewa. Kehadiran orang nomor satu di Pemkot Denpasar dalam rangka menerima undangan Rektor Unwar Prof. Dr. Dewa Putu Widjana untuk menyaksikan secara langsung Laboratorium Swab Covid-19 yang merupakan fasilitas terbaru dari Program Studi Kedokteran Unwar.

Seusai berkeliling ruangan, Walikota Rai Mantra mengagumi fasilitas yang ada di FKIK Unwar. Mulai dari fasilitas aula yang didesign mewah untuk penyelenggaraan seminar berskala internasional. Selain itu tempat duduknya juga didesign mirip bioskop.

Adapun terkait lab, Rai Mantra  mengatakan,” adanya laboratorium yang dilengkapi alat Real Time PCR ini sangat dibutuhkan dalam penanganan Covid-19. Tingkat akurasi alat ini yang sangat tinggi tentunya sangat membantu untuk mempercepat proses penanggulangan wabah Covid-19 tersebut. Jadi kita sangat apresiasi kepada Unwar,” ucap Rai Mantra.

Terkait fasilitas yang ada di Unwar, Rai Mantra katakan,” saya belum tau sepenuhnya. Mungkin pak Rektor yang lebih tau yang akan menjelaskannya. Akan tetapi jika ada yang masih kurang tentunya jangan dilihat saat kesulitan sekarang tapi kita harus melihat ke depan dalam jangka panjang terkait pengadaan alat tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unwar Prof I Dewa Widjana yang didampingi Ketua Yayasan Korpri Provinsi Bali Dr. AA. Wisnu Murti dan Ketua Satgas Covid-19 Unwar dr. Dewa Ayu menjawab soal dibukanya laboratorium yang dilengkapi alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RTPCR), bahwa keberadaannya akan sangat membantu masyarakat khususnya dalam penanggulangan wabah pandemi Covid-19.

“Apa yang kita miliki sekarang adalah milik masyarakat. Kita mendedikasikan peralatan ini untuk masyarakat. Apalagi disaat sekarang ini kita sedang menghadapi wabah Covid-19. Tentu dengan senang hati kami membantu,” jelas Rektor Unwar.

Menurut Rektor Unwar, akurasi alat Real Time Polymerase Chain Reaction dalam mendeteksi Covid-19 terutama Orang Tanpa Gejala (OTG) sangatlah tinggi. Sehingga pihaknya membutuhkan alat ini beberapa unit untuk melengkapi yang sudah ada.

Untuk saat ini, Unwar baru memiliki satu unit alat Rapid Test sehingga setelah mulai dioperasikan dalam kurun waktu dua pekan silam sudah ada sekitar 200an orang yang sudah ditest darahnya. Untuk satu unit alat ini kapasitasnya mampu diambil sampel darahnya hingga 80 orang/hari. Jadi masih perlu satu unit alat lagi sehingga setiap hari bisa 160 orang yang diambil sampel darahnya.

“Tentu kami harapkan bisa mendatangkan lagi satu unit. Dan kami sudah memohon kepada Bapak Gubernur untuk melengkapi alat yang sudah ada,” harapnya.(BFT/DPS/Donny MP. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*