Wisuda ke-63 Universitas Warmadewa Lepas 749 Sarjana Baru

Ket. Foto: Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.Park. (tengah) didampingi Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, M.Si. (2 dari kiri)), Wakil Rektor II Ni Putu Partamawati, SE.,MM.,Wakil Rektor III Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT.,IPM. (kiri) dan Ketua Panitia Wisuda Drs. I Wayan Sudemen, M.Si., berfoto bersama.

Beritafajartimur.com (Denpasar, Bali) Perubahan Tatanan Kehidupan Manusia menuju Era Tatanan Kehidupan Baru sebagai dampak Coronavirus (Covid-19) sudah mulai dilakukan dalam setiap aktivitas sehari-hari. Hal ini tercermin dari begitu berubahnya pola kehidupan umat manusia di seluruh dunia. Universitas Warmadewa (Unwar) di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali untuk pertama kalinya dalam sejarah menggelar Wisuda ke-63 secara virtual (online) bagi lulusannya sebagai dampak dari Pandemi Covid-19 tersebut yang akan dilangsungkan pada Sabtu, 25 Juli 2020 ini. Meskipun dilaksanakan secara online, namun tidak mengurangi esensi dan makna dari wisuda pada umumnya.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., akan melepas secara resmi sebanyak 749 orang wisudawan dari 25 program studi (Prodi) yang ada di Universitas Warmadewa. Meski acara wisuda secara virtual, namun pihak kampus tetap menghadirkan perwakilan masing-masing Prodi yang diwisuda secara langsung yang prosesinya dipusatkan di Gedung Auditorium Widya Sabha Uttama Kampus Unwar. Sedangkan wisudawan lainnya mengikuti prosesi secara daring dari kediaman masing-masing. Dengan dilepasnya para wisudawan ini, Unwar telah mempunyai alumni sebanyak 32.295 orang.

Rektor Unwar, Prof. Widjana, mengatakan dilihat dari segi Indek Prestasi Kumulatif (IPK) dari 749 lulusan sebanyak 94,65 % di atas 3,0. Sementara yang menyelesaikan tugas akhir kurang dari 6 bulan 93,19 % dan studi tepat waktu sebanyak 83,84 %. Sedangkan dari hasil tracer study yang terakhir, sebanyak 97,74 % lulusan sudah bekerja dan masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan selama 3,54 bulan. Kinerja lulusan sebanyak 91,28 % mempunyai kinerja baik dan sangat baik.

Meskipun demikian, Prof. Widjana mengajak para lulusan dalam situasi pandemi Covid-19 ini agar tetap produktif, walaupun hidup dalam suasana tatanan kehidupan normal baru (new normal). Sebab, kondisi ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ke arah yang kurang menggembirakan. “Tingkatkan jiwa entrepreneurship dan penguasaan teknologi informasi untuk bisa bersaing di masa yang akan datang,”ujar Prof. Widjana.

Dikatakan, sejauh ini usaha-usaha memajukan Unwar dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Mulai dari instrumen input yang meliputi sarana dan prasarana, sumberdaya manusia serta meningkatkan daya saing lulusan melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan melakukan Audit Mutu Internal (AMAI) secara berkala. Menyikapi masa pandemi Covid-19, khususnya pada bidang pembelajaran sepenuhnya dilakukan secara daring.

Bahkan, untuk memudahkan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran pada semester Ganjil 2020/2021 ini semua dosen diwajibkan menggunakan aplikasi Learning Manajement System, yaitu Moodle atau Google Classroom. Sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan interaktif. “Kedepan akan terus kami tata dan menuju ke satu sistem, yaitu Moodle dengan server tersendiri agar bisa di-link-kan ke laman Spada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,”tandasnya.

Guna mewujudkan Good University Governance (GUG), Unwar terus melakukan penataan data melalui SIM-T (Sistem Informasi Manajemen Terpadu). Bahkan, dalam bidang Sistem Informasi Akademik beberapa menu sudah bisa diakses secara on-line melalui SIMON (Sistem Informasi Mahasiswa On-Line). Apalagi, saat ini Unwar didukung sebanyak 399 orang dosen yang terdiri dari S3 sebanyak 102 orang (25,56%) dan sisanya pendidikan Magister. Untuk menambah dosen yang berpendidikan S3, saat ini sedang tugas belajar S3 sebanyak 51 orang. Dilihat dari segi kualifikasi Jabatan akademik terdiri dari 15 Guru Besar, 143 Lektor Kepala, 88 Lektor, Asisten Ahli 92 orang dan sisanya dosen baru yang masih dalam pengusulan jabatan akademik.

Kegiatan Tridharma bidang penelitian untuk pembiayaan tahun ini yang sedang berjalan berjumlah 198 judul. Sedangkan untuk Pengabdian kepada Masyarakat sebanyak 141 judul. Disamping pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen juga akan diterjunkan mahasiswa KKN pada 1 Agustus 2020 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 1.843 orang dengan topik khusus yang berhubungan dengan dampak pandemi Covid 19, dengan sebaran mahasiswa di Propinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. “Berdasarkan evaluasi Badan Riset dan Inovasi Nasional kinerja Penelitian Unwar sukses meraih klaster Utama, demikian pula kinerja pengabdian kepada masyarakat meningkat ke jajaran klaster Unggul,”ungkapnya.

Berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat dalam penangulangan penyebaran Virus Corona ini Unwar telah melakukan kegiatan. Seperti, membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak langsung dan pemanfaatan Laboratorium Biomelekuler melakukan rapid test dan Swab test.

Sementara itu, prestasi mahasiswa Unwar di bidang akademik atas nama I Gusti Agung Ayu Novi Wiraningrat dan I Gusti Ngurah Satria mahasiswa FKIK berhasil meraih Juara 1 presentasi oral tingkat dunia yang berlangsung di Hotel Westin Surabaya pada 16-18 Maret 2020 lalu. Pada ajang POMNAS XVI Tahun 2019 Unwar berhasil meraih 3 medali emas, 3 medali perak, dan 5 medali perunggu pada cabang olahraga kompetisi, serta 3 medali emas pada ajang eksebisi. Saat ini Unwar berada di posisi 17 dari 4.600 perguruan tinggi di Indonesia di bidang prestasi Pomnas.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., berharap para wisudawan hadir sebagai social change di tengah-tengah masyarakat. Para sarjana Unwar harus berkarakter, kritis, cerdas, inovatif, dan profesional yang dijiwai Spirit Sapta Bayu. “Hanya dengan keunggulan yang dimiliki, para sarjana akan mampu memenangkan kompetisi yang semakin ketat dan meraih apa yang dicita–citakan. Tetap jaga nama baik almamater,”pungkas Wisnumurti. (BFT/win/Editor: Donny MP. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*