Bank Indonesia Serahkan Beasiswa kepada 175 Mahasiswa/i PTN dan PTS di Bali

Beritafajartimur.com (Denpasar)
Bank Indonesia, melalui Kepala Perwakilan BI (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho, hari ini, Rabu (5/8/2020) menyerahkan Beasiswa kepada Mahasiswa Universitas Warmadewa. Acara penyerahan Beasiswa ini dihadiri
Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, MSi.,
Rektor Universitas Warmadewa, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK, beserta jajaran, para Bapak dan Ibu Dekan dan KaProdi di Universitas Warmadewa serta Mahasiswa/i Universitas Warmadewa.

Dalam kesempatan ini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan,” Pertama-tama, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Kuasa, karena atas karunia dan perkenan-Nya, kita semua dapat berkumpul pada pagi hari yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat dan penuh kebahagiaan walaupun secara virtual.

“Pada kesempatan yang baik ini, kita akan bersama-sama menyaksikan seremonial penyerahan program beasiswa Bank Indonesia kepada Universitas Warmadewa yang dirangkaikan dengan Program BI Mengajar dan Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia. Tak lupa pula kami ucapkan terima kasih atas support Bp. I Gusti Agung Rai Wirajaya selaku anggota komisi XI DPR RI pada setiap kegiatan kami,” ucap Trisno Nugroho.

Lanjut Trisno, Sumber daya manusia yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset strategis dalam pembangunan bangsa dan negara di masa depan. Generasi muda dapat mengantarkan menuju masa depan bangsa yang sejahtera. Kualitas sumber daya manusia generasi muda dapat menjadi faktor penentu bagi peradaban, kemajuan, perkembangan suatu bangsa.
Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar saat ini memiliki kondisi demografi terbaik sejak Indonesia merdeka, berupa proporsi usia produktif dalam rentang periode 2010 hingga 2035. Hal tersebut menjadi bonus demografis apabila pendidikan dapat diselenggarakan dengan baik. Sebaliknya, dapat menjadi bencana demografis jika pendidikan di dunia ini gagal memasuki tuntutan zaman. Kondisi tersebut membawa perhatian akan keberhasilan penyiapan sumber daya manusia melalui pendidikan yang berkualitas agar menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” terangnya.

Menyikapi fenomena tersebut, Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia, dengan program pemberian beasiswa bagi mahasiswa.

“Saat ini pada tahun 2020, penerima beasiswa beasiswa Bank Indonesia diberikan kepada 175 (seratus tujuh puluh lima) orang mahasiswa/i jenjang sarjana (S1) reguler di dua PTN mitra kerjasama yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha serta satu PTS yaitu Universitas Pendidikan Nasional,” paparnya.

Pada tahun 2020 ini, Bank Indonesia Provinsi Bali juga melakukan perluasan penyaluran beasiswa kepada PTS yaitu Universitas Warmadewa. “Berdasarkan hasil asesmen yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2020, Universitas Warmadewa telah disetujui oleh Kantor Pusat Bank Indonesia sebagai PTS penerima Program Beasiswa Bank Indonesia” ungkapnya.

Ditambahkan,” Sebelumnya, kami juga telah bekerja sama dengan Universitas Warmadewa berupa penyediaan fasilitas BI Corner di Perpustakaan Warmadewa sebagai sarana untuk memperkuat pemahaman tentang keberadaan dan peran BI, sekaligus mendorong edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat.

Diakhir sambutannya, Trisno Nugroho, menyampaikan bahwa Program Beasiswa Bank Indonesia ini kiranya dapat memberikan manfaat bagi seluruh civitas akademika di Universitas Warmadewa. Dalam kesempatan ini, Anggota Komisi XI DPR-RI I Gusti Agung Rai Wirajaya tampil sebagai keynote speech di acara pemberian Beasiswa kepada mahasiswa Unwar. (BFT/DPS/Editor: Donnya MP. Parera)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*