Walikota Rai Mantra Kukuhkan 29 Anggota Paskibraka Denpasar

Beritafajartimur.com (Denpasar)
Kota Denpasar telah melakukan persiapan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75.

Sebagai perangkat upacara, sebanyak 29 orang Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibrak) telah dikukuhkan langsung oleh Walikota Denpasar, I.B. Rai Dharmawijaya Mantra, Jumaat (14/08/20). Pengukuhan itu ditandai dengan pemasangan Kendit atau sabuk berwarna hijau kepada perwakilan dua orang anggota Paskibraka Kota Denpasar.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, yakni Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Wakil Wali Kota, IGN. Jaya Negara, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar, Sekda AAN. Rai Iswara, serta kepala OPD Pemkot Denpasar lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Rai Mantra memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada panitia dan pelatih yang telah melakukan pemilihan calon Paskibraka, serta telah melakukan pelatihan sebagai persiapan upacara HUT RI ke-75.

Ia menyampaikan, pada masa pandemi Covid-19 saat ini, proses latihan harus tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Begitu pula pada saat digelarnya upacara nanti.

“Kami sangat bangga melihat adik-adik paskibraka yang telah tekun melakukan latihan serta persiapan lainnya pada peringatan Hut RI nanti. Persiapkan diri kalian dengan baik, jaga kesehatan serta jadilah penerus bangsa yang memiliki ahlak dan budi pekerti yang baik,” ujarnya, sembari berharap agar Paskibraka yang baru dikukuhkan bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Denpasar, I Komang Sugiarta selaku Panitia Pelaksana Upacara Detik-detik Proklamasi menyatakan, pihaknya sudah siap dalam melaksanakan kegiatan apel HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Bersama seluruh perangkat upacara, pihaknya telah melakukan persiapan gladi kotor yang juga telah dilaksanakan pengukuhan terhadap 29 orang anggota Paskibraka Denpasar.

Dari jumlah anggota Paskibraka tahun ini kata dia, tampak lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya. Kala itu, jumlah anggota terdapat sebanyak 70 orang melalui formasi barisan yang lengkap.

Sebagaimana diketahui pada masa pandemi Covid -19 saat ini, maka pihaknya terpaksa membatasi jumlah anggota demi penerapan protokol kesehatan. ”Walaupun dari segi jumlah berkurang namun tidak mengurangi semangat dan makna peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI,” kata Sugiarta.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan upacara nanti, jumlah Paskibraka akan dibagi menjadi dua tugas. Untuk upacara bendera pagi harinya melibatkan 15 orang anggota Paskibraka, sementara pada sore harinya pada saat penurunan bendera melibatkan 14 anggota.

“Tentu dari pembagian ini selalu tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan selalu menjaga jarak,” imbuhnya.

“Dengan melakukan komunikasi dan koordinasi yang matang, kami sudah siap melaksanakan kegiatan apel 17 Agustus. Selain itu kami mengharapkan peran serta semua stakeholder yang ada untuk turut ikut menyukseskan kegiatan ini,” pungkas Sugiarta. (BFT/DPS/Editor: Febri K.)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*