Danramil Dan Babinsa Kodim Klungkung Ikuti Tes Swab

Beritafajartimur.com (Semarapura-Bali)
Para Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Kodim 1610/Klungkung mengikuti Polymerase Chain Reaction (PCR) atau tes Swab yang dilakukan oleh Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung beserta Tim Kesehatan Puskesmas 1 Gelgel yang dipimpin oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Sentanu bertempat di Aula Makodim 1610/Klungkung Jalan A. Yani No 2 Semarapura, Klungkung, Senin (02/11/2020).

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Klungkung khususnya di jajaran TNI, Polri dan ASN.

Khusus untuk anggota Babinsa Jajaran Kodim 1610/Klungkung kegiatan ini melibatkan sebanyak 63 personel.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon yang juga selaku Dansubsatgas Penanganan COVID -19 Kabupaten Klungkung menyampaikan kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari program pemerintah di mana para ASN dan TNI-Polri yang terlibat langsung ataupun tidak langsung dalam kegiatan penanganan pemutusan penyebaran COVID -19 dilakukan tes Swab secara masif. Mereka Para Danramil dan juga Babinsa dikhawatirkan yang melakukan kontak erat atau berinteraksi dengan warga sekitar yang terpapar COVID -19 sehingga sangat besar kemungkinan terpapar juga Virus Corona atau COVID-19.

“Kami berupaya melaksanakan tes Swab secara masif terhadap Para Danramil maupun Babinsa secara bertahap, dengan harapan akan diketahui secara dini tentang kondisi kesehatan mereka yang bekerja di lapangan”, jelas Dandim.

Pelaksanaan tes Swab tersebut memang dilaksanakan bertahap yang selanjutnya juga akan diikuti Personel Makodim 1610/Klungkung pada periode berikutnya.

“Nantinya dalam melaksanakan tugasnya aparat komando kewilayahan akan lebih percaya diri dan menambah keyakinan saat bertugas di lapangan. Lebih pentingnya lagi dalam rangka memutus penyebaran COVID-19 yaitu dengan melaksanakan protokoler kesehatan yang benar dan bertanggung jawab”, tegas Dandim.

Pelaksanaan tes Swab tersebut diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dan akan diuji terlebih dulu di laboratorium. Hasilnya akan diketahui dalam 3 hari ke depan.
(BFT/SEM/Penrem)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*