Kunjungi Pameran Gema Tridatu: Ny. IA. Selly Mantra, Harapkan Peningkatan Produktifitas UKM Kota Denpasar

Beritafajartimur.com (Denpasar-Bali)
Untuk pemulihan ekonomi bagi IKM/UKM di Kota Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar menggelar pameran IKM dan UKM yang bertajuk Gema Tridatu atau Gelar Bersama Industri dan Perdagangan Bermutu. Kegiatan ini bekerjasama dengan Duta Plaza Denpasar dan Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar. Yang berlangsung dari Selasa tanggal 24 hingga 30 November 2020 di areal basement Duta Plaza Denpasar. Kegiatan ini sempat dikunjungi Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. IA Selly Dharmawijaya Mantra didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari pada Selasa (21/11).

Disela-sela kunjungannya Ketua Dekranasda Kota Denpasar, IA Selly Dharmawijaya Mantra mengapresiasi diadakannya Gema Tridatu atau Gelar Bersama Industri dan Perdagangan Bermutu. “Ini sebagai langkah yang baik untuk tetap menggairahkan produktifitas IKM/UMKM di Kota Denpasar meski di tengah pandemi Covid-19 dan situasi yang tidak menguntungkan, Pemkot Denpasar tetap memfasilitasi IKM/UMKM untuk berkarya dan produktif,” jelas Selly Mantra.

Lebih lanjut dikatakan, harapan dengan adanya Gema Tridatuyang dirangkaikan dengan gelaran Denfest 2020 ini, diisi dengan pemberdayaan IKM/UMKM yang dapat semakin melecut IKM/UMKM bertumbuh dan survive meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19 dan tentu saja berdampak baik pada laju perekonomian terutama di Kota Denpasar,” ucap Selly Mantra.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari menambahkan, Gema Tridatu ini akan dilaksanakan secara Offline dan Online “Untuk pelaksanaan secara online akan tergabung dalam marketplace Denpasar Festival 2020 melalui link dmarket.id,” kata Sri Utari.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada IKM/UKM Kota Denpasar dalam mempromosikan produk-produknya secara offline dan online. Apalagi saat ini semua IKM/UKM Kota Denpasar terdampak Covid-19.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menambah omset IKM dan UKM di masa pandemi Covid-19. Serta membiasakan IKM/UKM Kota Denpasar untuk menggunakan teknologi digital dan pembayaran secara non tunai yaitu QRIS (Quick Response Indonesian Standard) Bank BPD Bali,” katanya.

Ia mengatakan, keadaan ekonomi saat ini mengharuskan semua elemen masyarakat harus saling bahu membahu untuk bersama bangkit. Maka dengan adanya kegiatan ini akan saling menguntungkan bagi pihak pengelola maupun IKM/UKM, dimana untuk membangkitkan kembali daya beli masyarakat diperlukan suatu event yang kreatif agar menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan berbelanja.

“Walaupun Covid-19 tetap dapat dikunjungi dan aman karena telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan peraturan yang ada,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Kegiatan Gelar Produk Industri dan Perdagangan ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan yang telah berlangsung di Gedung Dharmanegara Alaya Denpasar.

“Pelaksanaan kegiatan Gema Tridatu ini melibatkan sekitar 26 pelaku IKM/UKM di Kota Denpasar, dalam kegiatan ini seluruh peserta pameran diwajibkan menyediakan hand sanitizer di setiap stand masing-masing, menggunakan masker, selalu mencuci tangan. Setiap harinya sebelum dan sesudah pameran, stand akan disemprot menggunakan cairan disinfektan” ujarnya.

Diharapkan kedepannya kegiatan ini bisa terus berlangsung, sehingga dapat membantu IKM/UKM khususnya di Kota Denpasar yang tengah mengalami situasi sulit pada masa pandemi Covid-19 saat ini,” pungkasnya (BFT/DPS/Hms)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*