Konsolidasi Pegiat Literasi, Upaya Memajukan Manggarai Dengan Gerakan Literasi

Beritafajartimur.com (Manggarai-NTT)
Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa terus dilakukan baik melalui pendidikan formal, informal dan non-formal demi menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas dan mampu bersaing dalam skala internasional, nasional, regional dan lokal. Kehadiran para pegiat literasi di tengah masyarakat sebagai bentuk terobosan baru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusi. Rumah Baca DeWengkong sebagai Tuan rumah yang mefasilitasi rapat perdana pegiat literasi manggarai raya yang di laksanakan pada Minggu, 29 november 2020.

Adapun pegiat literasi yang hadir Fronialdus Padur Pendiri Rumah Literasi Marhaen yang berlokasi di Lembor, Patrisius A. Gibun Ketua OMK Wae Nakeng, Yohanes J. Nabor pendiri Taman Baca Masyarakat di desa Ruang, Hendiardus Ardiano pendiri Pustaka Kampung Desa Mata Wae. Dalam rapat perdana dipimpin oleh Kordinator Rumah Baca DeWengkong saudara Rinoldus Padur dengan beberapa agenda penting yang pertama bagaimana meningkatkan solidaritas sesama pegiat literasi di Manggarai. Yang kedua membumikan gerakan literasi di Manggarai sebagai bentuk kepedulian pegiat literasi terhadap bumi Nucalale. Dan ketiga menciptakan wadah perkumpulan pegiat literasi Manggarai Raya.

Rapat berjalan lancar dengan transaksi gagasan, tukar tambah pikiran yang sangat menarik. Rinoldus Padur selaku pendiri dan koordinator Rumah Baca DeWengkong menjelaskan bahwa dengan gerakan literasi kita dapat menata masa depan Manggarai sejak dini sehingga dapat menopang persaingan di masa depan dan menjamin kualitas sumber daya masyarakat dalam era revolusi industri 4.0. Semoga dengan gerakan literasi dan semangat dari semua para pegiat literasi mampu menciptakan kehidupan bangsa dan negara yang berwawasan. Seusai rapat semua pegiat literasi berkunjung ke Todo melakukan survei lokasi untuk merintis gerakan literasi sebagai tempat bersejarah dan wisata budaya.(BFT/RTG/Bros Jatam)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*